20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

IHSG dan Rupiah Melemah Jelang Rilis Data Inflasi Konsumen AS

1 min read

Blinkiss.id, Medan

Pengamat Ekonomi Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan beberapa Bursa di Asia bergerak flat dengan kecenderungan melemah pada hari ini. IHSG juga terpantau melemah tipis di level 7.306.

IHSG yang berpeluang untuk ditransasikan sebagai rentang 7.270 hingga 7.320 pada perdagangan hari ini. Sentimen teknikal lebih menggerakkan pasar hari ini, juga kinerja IHSG berpeluang bergerak seirama dengan bursa di Asia lainnya, ujarnya, Rabu (24/7/2024)

,
Lanjutnya, uuntuk kinerja mata uang rupiah, pada sesi perdagangan pagi ini ditransaksikan melemah dikisaran 16.225 per US Dolar. Rupiah perdagangan hari ini yang berpotensi ditransaksikan pada rentang 16.180 hingga 16.230.

“Membaiknya imbal hasil US Treasury ditambah dengan kinerja USD Index yang relatif bergerak sideways, membuat kinerja US Dolar cenderung menguat terhadap terhadap mata uang dunia lainnya,” ucapnya.

Ditambahkan Gunawan, pasar keuangan tidak akan banyak dipengaruhi oleh sentimen pasar seiring dengan minimnya agenda ekonomi saat ini. Data rilis investasi China dengan Indonesia sejauh ini masih dinanti oleh pelaku pasar.

“Selebihnya tidak ada data ekonomi yang dinilai mampu merubah arah pergerakan pasar. Pasar keuangan sangat berpeluang untuk begerak dengan fluktuasi yang cukup tajam,” tuturnya.

Pelaku pasar, lanjutnya akan menanti rilis data inflasi AS di akhir pekan yang akan jadi sentimen penggerak pasar selanjutnya. Sehingga potensi koreksi yang terjadi pada hari ini akan menjadi koreksi yang sehat, dimana langkah untuk mengambil posisi beli sebaiknya dilakukan saat rilis laju tekanan inflasi AS sudah terkonfirmasi hasilnya. Disisi lain, harga emas dunia ditransaksikan sedikit mengalami penguatan di level $2.413 per ons troy nya, sebut Gunawan. (JB Rumapea)

Facebook Comments Box
Translate »