20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Ganjar Pranowo Cerita Momennya Sebagai Bacapres PDI-P: Dari Tak Tahu Menjadi Pilihan Utama

2 min read

Jakarta, blinkiss.id Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI-P, Ganjar Pranowo, berbagi cerita mengenai momen penting jelang pengumuman dirinya sebagai calon presiden dari partai tersebut oleh Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri. Ganjar mengungkapkan bahwa ia sama sekali tidak mendapatkan petunjuk atau pemberitahuan apapun dari Megawati, bahkan satu hari sebelum deklarasi resmi di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, pada 21 April 2023. Meski pada tanggal 20 April 2023, Ganjar sempat menghadiri acara makan malam bersama Megawati, namun tidak ada pembicaraan mengenai deklarasi bacapres.

“Enggak (dikasih tahu), ya cuma diajak makan saja ngobrol-ngobrol. Kayak datar-datar saja. Tapi saya ndredeg (deg-degan) lho,” ucap Ganjar dalam wawancara di program Gaspol! yang ditayangkan di YouTube Kompas.com pada Kamis (5/10/2023).

Ganjar mengungkapkan bahwa ia baru menerima arahan untuk datang ke Batu Tulis pada 20 April. Pada 19 April 2023, ia dan istrinya, Siti Atikoh, baru saja menyambut Presiden Joko Widodo yang pulang ke Solo untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Ganjar juga tidak mengetahui kapan Megawati akan mengumumkan bacapres PDI-P, kabar ini juga tidak diketahui oleh Jokowi.

Meski demikian, Ganjar berkomunikasi dengan Jokowi melalui telepon. “Tapi saya komunikasi sama Pak Jokowi, ‘(saya tanya) Bapak datang kan?’ ‘Saya masih di Solo,’ ‘Tapi Bapak datang kan? Harus datang lho Pak,’ ‘Oh saya datang,’” ungkap Ganjar menjelaskan pembicaraannya dengan Jokowi.

Pada akhirnya, Jokowi datang ke Batu Tulis dan Megawati secara resmi mengumumkan Ganjar sebagai calon presiden PDI-P untuk menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. “Jadi sesimple itu saja. Ndredeg (deg-degan) lah saya. Jadi di hati saya cuma wirid saja. Udah saya, shalawat di situ, sambil jalan,” tambahnya.

Saat ini, koalisi yang mendukung Ganjar sebagai bacapres terdiri dari PDI-P, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Perindo. Meskipun demikian, koalisi tersebut belum menentukan siapa calon pendamping Ganjar untuk Pilpres mendatang. Nama-nama seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa semakin menjadi buah bibir sebagai bakal pendamping Ganjar.

Facebook Comments Box
Translate »