20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

BSI Dinobatkan The Most Efficient Bank & Best Performance Bank Kategori Bank Syariah

3 min read

Blinkiss.id, Jakarta

PT Bank Syariah TVIndonesia Tbk (BSI) dinobatkan sebagai The Most Efficient Bank dan Best Performance Bank kategori Bank Syariah di Indonesia di ajang Bisnis Indonesia Financial Awards (BIFA) 2024.

Dua penghargaan tersebut menegaskan posisi BSI sebagai bank syariah dengan performance terbaik dan paling efisien di Tanah Air, seiring pencapaian kinerja dan bisnis Perseroan yang solid dan tumbuh secara berkelanjutan.

Terkait capaian prestasi, Direktur Kepatuhan & SDM BSI, Tribuana Tunggadewi menyampaikan dua penghargaan yang diraih ini menjadi apresiasi dan pengakuan positif dari publik, khususnya media, terhadap kinerja Perseroan yang terus tumbuh secara sehat serta sustain.

“Kami menyambut baik dua penghargaan yang diberikan kepada BSI. Ini merupakan pelecut semangat bagi kami seluruh insan BSI untuk terus bisa memberikan kinerja yang lebih baik lagi ke depannya, terus berinovasi untuk meningkatkan layanan kepada seluruh nasabah dan memperluas kontribusi BSI bagi negeri,” beber Tribuana Tunggadewi yang akrab disapa Dewi, usai menerima penghargaan BIFA 2024 di Raffles Hotel Jakarta.

Sebagai catatan, per Juni 2024, BSI mampu mencetak kinerja impresif dengan perolehan laba bersih mencapai Rp3,4 triliun, tumbuh 20,28% secara tahunan. Ini menjadikan Perseroan menorehkan pertumbuhan tertinggi di antara Top 10 bank di Indonesia. BSI berhasil menjaga kinerja keuangan bisnis secara sehat dan berkualitas sepanjang kuartal II tahun 2024, di tengah kondisi makro ekonomi yang cukup menantang.

Dewi mengungkapkan prestasi ini adalah bukti bahwa BSI sebagai bank syariah mampu bersaing dan unggul di tengah dinamika industri yang semakin kompetitif. Pertumbuhan yang konsisten di berbagai aspek ini juga mencerminkan solidnya kinerja BSI yang berkelanjutan.

“Alhamdulillah, pertumbuhan BSI dalam berbagai indikator utama, seperti aset, DPK, laba bersih, dan rasio CASA, merupakan yang tertinggi di industri perbankan nasional,” ucapnya, Jumat (20/9/2024)

BSI mampu menumbuhkan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp296,70 triliun, naik 17,50% secara tahunan (yoy). Ditambah lagi, kinerja Tabungan naik 16,09% ke level Rp128,78 triliun. Sekitar 39% atau sebesar Rp49,96 triliun dari total tabungan tersebut merupakan Tabungan Wadiah di mana perusahaan tidak memberikan bagi hasil sehingga dapat menjaga level cost of fund. Likuiditas BSI bertumbuh juga seiring pertambahan nasabah yang per posisi Juni 2024 telah mencapai 20,46 juta.

Solidnya likuiditas menopang kinerja pembiayaan BSI yang juga tumbuh di atas rerata industri perbankan nasional dengan kualitas yang terjaga. Per Juni 2024, pembiayaan BSI mencapai Rp257,39 triliun, tumbuh 15,99% yoy dengan NPF yang turun ke level 1,99% (gross) jauh membaik dibanding Juni 2023 sebesar 2,31%.

Kinerja pembiayaan ditopang oleh pembiayaan segmen ritel dan konsumer termasuk UMKM yang mencapai Rp184,61 triliun. Segmen wholesale mengomposisi 28,27% dengan outstanding Rp72,77 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa segmen ritel, konsumer dan UMKM memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan pembiayaan BSI, termasuk di produk gadai dan cicil emas. Sejalan dengan strategi pertumbuhan, pembiayaan emas BSI per posisi Juni 2024 mencapai Rp8,97 triliun, tumbuh 41,27% dengan NPF 0,07%.

Dengan kondisi likuiditas dan pembiayaan, sepanjang kuartal II 2024 pendapatan perusahaan ditopang oleh pendapatan margin dan bagi hasil yang naik 11,44% menjadi Rp12,08 triliun, serta pendapatan berbasis fee yang tumbuh 28,01% menjadi Rp2,48 triliun. Di sisi lain, rasio efisiensi (BOPO) turun dari 70,87% ke level 69,23%. Di sisi rasio profitabilitas ROE perusahaan membaik ke 17,88% naik dari 17,27% posisi Juni 2023.

Sebagai informasi, BIFA merupakan sebuah ajang penghargaan yang diberikan kepada perbankan, asuransi hingga multifinance baik dari sisi kinerja keuangan maupun kemampuan untuk meningkatkan efisiensi. Adapun dalam ajang tahunan ini dilakukan tiga tahapan seleksi. Pertama, screening dengan menyeleksi nominee berdasarkan kriteria. Kedua, seleksi kuantitatif, di mana perusahaan yang lolos dari tahapan ini akan masuk ke tahap ketiga, yakni seleksi kualitatif.

Data laporan perusahaan finansial diolah, dianalisis, dan diproses penetapan melalui sidang dewan juri independen yang memiliki pengalaman panjang serta berpengetahuan luas dalam industri perbankan, asuransi, multifinance, dan fintech. Adapun, penilaian untuk sektor perbankan dibagi menjadi dua kriteria, yaitu The Best Performance Bank dan The Most Efficient Bank. (JB Rumapea)

Facebook Comments Box
Translate »