20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Masyarakat Desa Salaon Dolok Minta Bupati Samosir Lanjutkan Program Sirtunisasi

2 min read

BLINKISS.ID, SAMOSIR

Masyarakat Desa Salaon Dolok meminta kepada Bupati Samosir untuk melanjutkan program sirtunisasi melalui Bunga Desa, Jumat (20/10/2023)

Hal tersebut disampaikan Tokoh masyarakat T Sitanggang pada kunjungan Bupati Vandiko T Gultom yang ikut mendampingi yakni, Wakil Ketua DPRD dan Anggota Anggota DPRD, Pj. Sekda Rita Tavip Megawati, Asisten II, Asisten III, Pimpinan OPD, Camat Ronggurnihuta.

Atas nama masyarakat, Torop mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati dan sirtunisasi yang dilanjutkan hingga ke Huta Partukkoan. Disebutkan, masyarakat bersedia dan sudah sepakat memberikan lahan yang akan dijadikan sumber sirtu.

Tumpal Simbolon menambahkan, bahwa Desa Salaon Dolok haus pembangunan khususnya sarana dan prasarana. Untuk meminta tambahan waktu alat berat untuk bekerja di Salaon Dolok.

Perlakuan yang dilaksanakan Pemkab Samosir di Salaon, peningkatan jalan Hotmix Sampai ke Polma-Salaon Tonga Tonga, jalan Hotmix penghubung antar Desa dari Salaon Dolok ke dusun 2 Sijambur sepanjang 1,250 km yang akan dilanjutkan sepanjang 2,5 km mulai dari Dolok Natorus.

Bupati, Vandiko T. Gultom menegaskan jalan sepanjang 7,5 Km di Salaon akan disirtunisasi. Untuk itu diminta kepada masyarakat bersedia membebaskan lahan minimal 8 m untuk badan jalan, bahu dan saluran.

“Sirtunisasi berkelanjutan sampai tahun depan lebih kurang 7,5 km perlakuan di Salaon. Kalau tahun ini tidak tuntas akan dilanjutkan tahun depan” ucapnya.

Melalui program sirtunisasi, diharapkan jalan dari Simp
Partukkoan-Siponggol Tanduk lebih kurang 2 km, Salaon Dolok-Partukkoan dapat terbenahi.

Kadis PUTR Rudimanto Limbong, mengatakan saat ini alat berat sudah bekerja selama 2 Minggu untuk melakukan Sirtunisasi jalan Salaon tonga-tonga hingga
Partukkoan sepanjang lebih kurang 5,3 km dan yang akan dilanjutkan pekerjaan 1 bulan kedepan.

Kepada masyarakat, Bupati menyampaikan berkantor didesa untuk melihat secara langsung kondisi desa dan masyarakat serta pelayanan yang diberikan perangkat desa. Melalui program ini dapat bertemu dan berkomunikasi dengan masyarakat. Mendengarkan aspirasi maupun keluhan yang dialami masyarakat.

Vandiko memastikan seluruh kelompok tani akan mendapat pupuk organik cair gratis, sebagai perangsang dan diharapkan masyarakat mampu membuat pupuk dengan mengikuti pelatihan yang diberikan Pemkab Samosir.

“Setelah pemberian bantuan akan dilakukan pelatihan pembuatan pupuk organik cair, mari belajar. Mari sama-sama berlatih membuat pupuk organik hasilnya tidak kalah dengan pupuk kimia dan umur pertanian dapat lebih panjang” imbuhnya. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate ยป