18 Desember 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Menteri Nusron Wahid: PPAT Berperan Penting dalam Transformasi Digital Kementerian ATR/BPN

2 min read

Yogyakarta, BLINKISS – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Nusron Wahid, membuka Ujian Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Gelombang Kedua yang berlangsung di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), Yogyakarta, Selasa (17/12/2024). Dalam sambutannya, ia menegaskan peran strategis PPAT dalam mendukung transformasi layanan pertanahan berbasis digital di Indonesia.

“Transformasi yang kami lakukan meliputi dua aspek, yaitu sistem dan sumber daya manusia (SDM). Di sisi sistem, bisnis proses dan teknologi informasi akan saling terintegrasi. Akta Jual Beli (AJB) dan dokumen lain yang dibuat oleh PPAT nantinya akan dipantau secara online melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin),” ujar Nusron Wahid.

Sistem digital ini memungkinkan pemerintah memonitor transaksi dan biaya layanan secara real-time, menciptakan transparansi dan efisiensi.

Menteri Nusron juga menyoroti ketidakseimbangan biaya dan pelayanan PPAT di berbagai daerah. Untuk mengatasi masalah ini, rotasi penempatan PPAT direncanakan mirip sistem Aparatur Sipil Negara (ASN). “Kita akan rolling posisi PPAT agar pelayanan lebih seragam dan tidak ada kebingungan yang terus terjadi,” jelasnya.

Ujian PPAT tahun ini diikuti oleh 5.544 peserta yang lolos seleksi administrasi dari total 6.000 pendaftar. Proses ujian menggunakan metode Computer Based Test (CBT), dengan hasil yang dapat diakses secara real-time di lokasi ujian. Peserta yang memenuhi passing grade dan masuk peringkat tertinggi akan dinyatakan lulus.

Hadir mendampingi Menteri Nusron Wahid adalah Direktur Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Asnaedi; Direktur Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang, Jonahar; Ketua STPN, Agustyarsyah; dan Kepala Biro Humas, Harison Mocodompis.

Transformasi ini sejalan dengan visi Kementerian ATR/BPN untuk menghadirkan pelayanan modern, profesional, dan berkelas dunia. Digitalisasi dan perbaikan SDM menjadi langkah konkret untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat, transparan, dan terjangkau bagi masyarakat. (Agung)

BLINKISS
Menyajikan berita terpercaya, cepat, dan tajam langsung dari sumbernya.

Facebook Comments Box
Translate »