20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Bupati Samosir Bersama Komisi B DPRD Provsu Tinjau Lokasi Banjir Sihotang

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Bupati Samosir bersama Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Komisi B meninjau lokasi banjir bandang kenegerian Sihotang Harian, Senin (11/12/2023).

Turut hadir UPTD KPH Wilayah XIII Doloksanggul, Asisten I Tunggul Sinaga, beberapa Pimpinan OPD Pemkab Samosir, Camat Harian dan Kepala Desa.

Bupati Samosir bersama Sekretaris Komisi B Gusmiyadi dan Tangkas Manimpan Lumban Tobing mengunjungi beberapa lokasi yang terdampak akibat musibah banjir bandang yang disebabkan curah hujan tinggi yang terjadi pada tanggal 13 November 2023 lalu.

Di sela-sela monitoring tersebut, Bupati Samosir berinteraksi langsung dengan warga dan berkunjung ke tempat rumah duka korban banjir bandang Kel. Op. Intan sembari memberikan sumbangan sebagai bentuk belasungkawa yang diwakili Kepala Desa disaksikan oleh keluarga korban.

Sesudah itu, Bupati Samosir dan Anggota DPRD Provsu Komisi B melakukan diskusi interaktif dengan tokoh masyarakat kenegerian Sihotang yang berlangsung di ruang kepala sekolah SMPN 2 Harian.

Salah satu masyarakat kenegerian Sihotang, Maringan Sihotang menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati Samosir dan Anggota DPRD Provsu atas perhatiannya yang telah diberikan, serta beberapa aspirasi disampaikan kepada anggota DPRD Provsu diantaranya; -menghentikan kegiatan yang ada di hulu, -menormalisasi seluruh aliran sungai di kenegerian Sihotang, -seluruh tokoh masyarakat Sihotang sepakat dan bersatu untuk menutup kegiatan TPL pada sektor tele, – mohon bantuan untuk pemulihan kantor desa, rumah dan lahan pertanian.

Menanggapi hal tersebut Anggota DPRD Provsu Tangkas Manimpan Lumban Tobing menyampaikan segala usulan dan aspirasi yang disampaikan masyarakat pada pertemuan yang akan dijadikan bahan untuk rapat pembahasan tindak lanjut dengan stakeholder dan pihak PT. TPL.

Sekretaris Komisi B Gusmiyadi mengatakan bahwa DPRD Provsu telah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang kedua kali dengan stakeholder dan pihak TPL namun pada saat rapat RDP pertama dan kedua, pihak TPL tidak hadir dengan alasan tertentu.

Bupati, menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kunjungan Anggota DPRD Provsu Komisi B dengan melihat langsung kondisi pasca banjir bandang di kenegerian Sihotang.

Pemkab Samosir telah melakukan beberapa hal setelah terjadi banjir bandang diantaranya mengevakuasi warga. “Waktu pertama kali kejadian saya bersama anggota DPRD Provsu, Tangkas Manimpan Lumban Tobing didampingi beberapa jajaran OPD langsung terjun ke lokasi untuk memastikan kondisi dan mengevakuasi warga agar tidak terjadi korban bencana”, ujar Bupati.

Bupati berharap kepada pemerintah atasan dan DPRD Provsu nantinya menindak tegas jika telah dilakukan investigasi. “sebagai wakil rakyat tentu kita harus berpihak kepada kesejahteraan rakyat, oleh karena itu mari bersama kita jadikan momen ini untuk melakukan perbaikan untuk semuanya”, tutupnya. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate ยป