20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Pemkab Samosir Bahas Ketersediaan Harga Bapokting Hadapi Nataru

1 min read

Blinkiss.id, Samosir

Guna memastikan ketersediaan Bahan Pangan Pokok Penting (Bapokting) dan kestabilan harga menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Pemkab Samosir melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar Rapat koordinasi (Rakor) di Aula Kantor Bupati Samosir.

Turut Hadir Pabung 0210 TU, G. Sebayang, Kasat Intel Polres Samosir, mewakili Kejari Samosir, pimpinan OPD dan TPID, BUMN/D.

Rakor TPID dilaksanakan untuk menjaga kestabilan pasokan barang, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga dan stabilitas harga komoditas Bapokting, dan antisipasi kecenderungan peningkatan harga, ketergantungan pasokan barang dari luar daerah serta permintaan/konsumsi menjelang Nataru 2024.

Kabag Perekonomian dan SDA Setdakab Samosir, Tri Endis Manalu menjelaskan, tingkat inflasi di Samosir pada September 3,40%, Oktober 4,33 %, dan pada bulan Nopember 4,19%. Data tersebut mengacu pada inflasi Kota Sibolga sebagai kota Indeks harga konsumen (IHK) terdekat pada wilayah kerja Bank Indonesia, Senin (11/12/2023) Samosir.

Bupati yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Hotraja Sitanggang menyebutkan Pemkab Samosir siap memprioritaskan ketersediaan pasokan Bapokting strategis dan kestabilan harga menjelang Nataru. Bahkan apabila terjadi Kenaikan harga yang signifikan, Pemkab Samosir siap menggelar pasar murah. Ia meminta Dinas Kopnakerindag, Dinas Ketapang dan Pertanian serta Bagian Perekonomian Setdakab agar melakukan koordinasi dan bersinergi dengan stakeholder terkait.

Untuk memastikan stok dan kestabilan harga Bapokting, TPID bersama Forkopimda akan melakukan monitoring di Pasar Onan Baru Pangururan.

“Kita pastikan stok cukup dan harga bertahan stabil, jangan ada gejolak. Komunikasi aktif dengan para toke besar untuk mencukupi kebutuhan Natal dan Tahun Baru”, katanya mengakhiri. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate ยป