20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Musrenbang RKPD 2025, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) RKPD Tahun 2025 Tingkat Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Minggu (28/1/2024)

Musrenbang yang digelar di Aula Hotel Thyesza, Desa Unjur, menyampaikan sebanyak 368 usulan kegiatan yang dibuka oleh Bupati Samosir diwakili Asisten I Drs. Tunggul Sinaga. Ikut hadir Anggota DPRD Dapil II, beberapa Pimpinan OPD, Camat Simanindo, Forkopimca, Kepala Desa, BPD, dan Kepala Sekolah, jajaran Puskesmas.

Camat Simanindo Hans R. Sidabutar menyampaikan sebagai usulan dan komitmen bersama sesuai kebutuhan desa yang dituangkan pada RPJMDes telah disusun berdasarkan skala prioritas melalui Musrenbang Desa di Kecamatan Simanindo.

“Ada sebanyak 368 usulan kami sampaikan dari 20 Desa dan 1 Kelurahan, dan telah disandingkan sesuai Visi Misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tahun 2021-2026”, tuturnya.

Asisten I Drs. Tunggul Sinaga mengatakan bahwa Musrenbang kecamatan ini merupakan amanat dari UU No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Nasional sesuai acuan penyusunan suatu perencanaan yang komprehensif dimulai dari tingkat pusat hingga desa.

Lanjutnya, Musrenbang sebagai pencapaian Visi Pemkab Samosir yaitu “Terwujudnya Masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat secara Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan” sebagai Tahapan ke IV dari RPJMD Kabupaten Samosir Tahun 2021-2026, yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2025 dengan tema Penguatan Pondasi Transformasi Pembangunan.

Sambungnya lagi, bahwa seluruh usulan program kegiatan pembangunan harus disampaikan melalui aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah Republik Indonesia (SIPD RI), sebagai instrumen yang digunakan mulai dari perencanaan, penatausahaan hingga pelaporan untuk seluruh pemerintah daerah dalam menampung usulan, program/kegiatan dan pelaksanaannya guna penyelarasan pemerintahan hingga desa. Memasuki Tahun 2024 merupakan tahun Pemilu serentak, untuk itu meminta seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga pesta demokrasi dapat berjalan baik dan menghasilkan pemimpin bangsa dan wakil rakyat yang mampu mensejahterakan masyarakat dan bangsa Indonesi, pintanya.

Kepala Bappeda Litbang diwakili oleh Kabid Perekonomian Rikardo Simbolon menyampaikan Musrenbang Kecamatan dilaksanakan untuk menampung segala usulan pembangunan yang akan disusun dalam RKPD Tahun 2025 yang sifatnya sangat prioritas dan bersentuhan langsung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lanjut Rikardo, Penguatan Pondasi Transformasi Pembangunan. Maka didalam RKPD 2025, ada 4 (empat) skala prioritas pembangunan yaitu Peningkatan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, Infrastruktur, dan Tata Kelola Pemerintahan.

Musrenbang Kecamatan dilanjutkan diskusi dan tanya jawab dengan memberikan saran dan masukan sebagai usulan, yang langsung ditanggapi oleh OPD terkait. Kemudian penyerahan berita acara dari hasil keputusan Musrenbang, oleh Camat Simanindo kepada Kabid Perekonomian Bappeda Litbang untuk diusulkan dan dibahas pada Forum Lintas OPD. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate ยป