20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Bunga Desa Sipinggan Lumban Siantar, Wabup Ajak Petani Gunakan Pupuk Organik Buatan

1 min read

Blinkiss.id, Samosir

Wabup Samosir, Martua Sitanggang memantau langsung pembuatan pupuk organik, kelompok tani dari Desa Sipinggan Lumban Siantar yang mandiri, karena secara nasional kebutuhan pupuk kimia bersubsidi terbatas.

“Pertanian jangan sampai gagal panen karena kekurangan pupuk, mari kita coba dengan pupuk buatan sendiri, jangan mengeluh , elajarlah pembuatan pupuk untuk memenuhi pertanian” ucap Martua pada acara bunga desa tersebut.

Selain pupuk kimia bersubsidi, organik cair perlu dicontoh karena hasilnya juga baik. Pupuk bersubsidi sudah menjadi masalah nasional yang dapat dipenuhi sekitar 35-40 persen, dipengaruhi perang Rusia dan Ukrania.

Lebih lanjut Wabup mengatakan permintaan masyarakat terkait pertanian, peternakan dan perikanan memang harus dipenuhi sebab kebutuhan merupakan yang sangat penting untuk masyarakat. “Yang paling pokok tugas pemerintah daerah adalah untuk menuntaskan kemiskinan di Samosir”.

Kepala Desa Sipinggan, Juniman Lumban Siantar meminta peningkatan UMKM didesanya, maka ia berharap penataan tepi pantai yang selama ini menjadi lumbung eceng gondok dapat dikelola menjadi tanah lapang mendukung pertumbuhan UMKM. Selain itu, Juniman menginginkan penggantian nama desa dari Sipinggan Lumban Siantar menjadi Lumban Siantar, penuntasan pembangunan kantor desa, alat berat untuk memperlebar dan pembukaan jalan, Jumat (9/2/2024) Samosir

Turut hadir, Asisten II, Kadis Kominfo, pimponan OPD, Camat Nainggolan, tokoh masyarakat. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate ยป