20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Pemkab Samosir Gelar Pelatihan Kuliner Berbasis Kompetensi

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan melakukan pelatihan kuliner berbasis kompetensi pengolahan hasil pertanian pembuatan roti dan kue bagi pelaku UMKM di objek Wisata Lagundi-Desa Sitamiang, Onanrunggu.
Pelaku UMKM pada objek wisata Lagundi yang terdiri dari BUMDes Robema, Pokdarwis Lagundi Champion Holiday dan PKK dilatih untuk meningkatkan kemampuan keterampilan pengelolaan kuliner dan hasil pertanian menjadi roti dan kue untuk disajikan sebagai menu kuliner kepada pengunjung.

Kadis Nakerkoperindag, Rista Sitanggang menyebutkan, selain kuliner para pelaku UMKM akan dilatih bersikap layanan kepada setiap pengunjung di objek wisata Lagundi. Kegiatan akan dilaksanakan selama 18 hari sejak 13 Maret-10 April 2024 dengan mendatangkan instruktur berpengalaman dibidang kuliner dan Pariwisata.

“Peserta sebanyak 16 orang, terdiri dari para pelaku UMKM, pembelajaran 30 persen teori dan praktek 70 persen”, sebutnya.

Bupati Samosir diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Hotraja Sitanggang, mengajak seluruh peserta untuk serius dalam pembelajaran sehingga kedepan dapat menyajikan kuliner yang menjadi ciri khas wisata Lagundi, Rabu (13/3/3024)

“Kita berharap Samosir maupun pantai Lagundi banyak pengunjung, dengan adanya pelatihan ini akan tercipta kuliner ciri khas Lagundi”, imbuh Hotraja.

Sementara, Renhad Sidabutar yang dipercaya sebagai Instruktur mengatakan dalam menghadapi wisatawan/ pengunjung perlu keramahtamahan, menjaga kebersihan, sanitasi yang bersih dan yang paling penting harus dapat memberikan sajian makanan dengan tepat waktu.

Renhard yang sudah berpengalaman di kapal pesiar selama 3 tahun berharap kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk bertukar pengalaman, belajar maksimal memanfaatkan kesempatan mengetahui cara membuat jualan khas daerah menjadi nasional yang dapat dinikmati seluruh kalangan. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate ยป