20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Pemkab Samosir Gelar Bimtek Pokjanal Posyandu untuk Transformasi Layanan Primer

1 min read

Blinkiss.id, Samosir

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan Bimtek Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Posyandu, Puskesmas, Camat, PKK dan Mitra guna pengelolaan Posyandu dalam Transformasi Layanan Primer, di Aula Hotel Aek Rangat, Kamis (14/3/2024), Pangururan.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Samosir diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang, ST, MM, dan diikuti peserta sebanyak 66 orang terdiri dari lintas OPD, TP. PKK, Kepala Puskesmas, Kepala Desa/Lurah dan Kader Posyandu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang, mengatakan bahwa berbicara posyandu harus melibatkan seluruh stakeholder agar sesuai porsinya masing-masing. Saat ini, pelayanan kesehatan yang difokuskan ke arah pencegahan merupakan transformasi kesehatan yakni layanan primer di Puskesmas dan Posyandu.

“Sekarang Posyandu bisa melayani bayi, Ibu, anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia,” ucapnya.

Dibentuknya Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu, sambungnya, memiliki peran dan memberdayakan masyarakat, terutama meningkatkan derajat kesehatan dan juga kesejahteraan melalui pemberdayaan ekonomi.

“Kelompok kerja ini terdiri dari lintas OPD, PKK dan mitra lainnya dengan menyatukan gerak dan sikap dalam membesarkan peran posyandu untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat”, ujarnya.

Acara diisi oleh narasumber yakni Jonny Siagian, SH, MM (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provsu dan dr. Dina Hutapea (Kadis Kesehatan Kabupaten Samosir). (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate »