15 Januari 2025

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Pertamina Patra Niaga Sumbagut Luncurkan Layanan HOSS

2 min read

Blinkiss.id, Medan

Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menggelar acara Opening Ceremony Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2025, mengangkat tema “Skilled, Safe, Sustainable” dibuka secara resmi oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut.

Melalui sambutannya Freddy Anwar menegaskan, pentingnya peringatan bulan K3 secara rutin diadakan sebagai momentum Pertamina Patra Niaga Sumbagut untuk meningkatkan budaya Health, Safety, Security, and Environment (HSSE), upaya menciptakan operasional aman serta berkelanjutan.

“Rangkaian peringatan bulan K3 diharapkan akan menjadi langkah konsisten kita dalam penerapan aspek K3 HSSE secara berkelanjutan. Untuk itu Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang dijunjung tinggi ini kami harapkan dapat mendorong aspek keselamatan dan juga kinerja dari setiap pekerja Pertamina yang bekerja di area operasinya agar energi dapat selalu tersalurkan ke Masyarakat,” sebut Freddy, Senin (14/1/2025)

Freddy juga menambahkan bahwa bulan K3 sendiri bukan semata-mata hanya diperingati tiap tahunnya saja, namun juga harus diaplikasikan pada praktik kehidupan sehari-hari.

“Pada akhirnya, dengan adanya agenda rutin K3 ini para pekerja maupun mitra kerja semakin menyadari pentingnya aspek HSSE dan semakin bertambah tingkat keahliannya menghadapi keadaan darurat”, turturnya.

Region Manager HSSE (Health, Safety, Security, Environment) Sumbagut, Harris Siantoro mengatakan, bulan K3 di Pertamina Patra Niaga Sumbagut yang akan berlangsung pada Januari – Februari dengan rangkaian kegiatan seperti HSSE Compliance League, Safetyman Competition, First Aider, Safetyman & Operation SPBU, Safety for Kids, Safety for PWP (Persatuan Wanita Patra), Driving Behavior Monitoring, Lomba Video SPBE, HSSE Goes to School, Bimbingan Teknis HSSE, serta HSSE Warrior.

Menurutnya, kegiatan ini nantinya tidak hanya melibatkan pekerja internal, tetapi juga mitra kerja, keluarga, serta masyarakat sekitar, guna membangun dan mengingatkan kesadaran kolektif tentang pentingnya penerapan K3 di semua sektor.

“Rangkaian peringatan bulan K3 diharapkan dapat menjadi langkah konsisten dalam penerapan K3 HSSE secara berkelanjutan untuk mencapai zero accident di lingkungan kerja perusahaan.”, ujarnya.

Dalam menyemarakkan bulan K3 tahun ini, pihaknya juga telah meluncurkan layanan HOSS atau “HSSE One Stop Service” yang merupakan peningkatan layanan dan dukungan kepada stakeholders HSSE.

Layanan tersebut akan mengintegrasikan seluruh proses, mulai dari konsultasi mengenai hazard dan risiko, CSMS (Contractor Safety Management System), pelatihan bagi operator lembaga penyalur di wilayah Medan, penerbitan HSSE Passport, hingga penerbitan izin kerja. Dengan demikian, customer HSSE akan mendapatkan pelayanan secara menyeluruh hanya datang ke satu tempat.

“Lewat layanan ini, sekaligus bisa melakukan transfer knowledge, edukasi, induksi, pemantauan Fit to Work serta monitoring database pekerja khusus yang berada di area dengan resiko tinggi,” imbuh Harris. (JBR/15)

Facebook Comments Box
Translate »