20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Bank Indonesia Akan Gelar Sumatranomics 2024 untuk Katagori Akademisi dan Umum

2 min read

Blinkiss.id, Medan

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan kembali menggelar lomba karya ilmiah/paper (Sumatranomics) dalam mendukung perekonomian Sumut melalui sinergi seluruh stakeholder maupun pihak terkait lainnya.

Lomba karya ilmiah Sumatranomics ini yang sebelumnya hanya diperlombakan atau diperuntukkan untuk akademisi, ekonom, praktisi dan umum. Namun ini kali, karya yang diperbolehkan mengangkat tema: “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Sumatera untuk Indonesia Maju”, Selasa (30/7/2024)

Hal itu dibenarkan Iman Gunadi (foto), Advisor Sumatranomics 2024 pada saat acara Bincang Bareng Media (BBM) yang digelar di BI Sumut di Medan, ikut hadir sebagai nara sumber Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia wilayah Sumut, Yura Djalins dan Suharman Tabrani (Deputi Kepala).

Disampaikan Iman, bahwa untuk lomba tersebut ada 5 topik yang diusung yakni :

1. Bauran Kebijakan untuk mendorong perekonomian daerah/reginal
2. Kebijakan stabilitas sistem keuangan (SSK) guna menjaga stabilitas makro
3. Peran Hilirisasi pangan dalam perekonomoan dan pengendalian inflasi
4. Kebijakan perdagangan fan Investasi Daerah dalam mendukung perekonomian
5. Transformasi sektor riil dan digitalisasi perbankan.

Lanjut dia, jika dibandingkan Tahun 2023 untuk kategori mahasiswa, pemenang akan memperoleh uang tunai, trofi dan trophy.

Juara I Rp 35 juta plus Trophy dan Sertifikat

Juara II Rp 30 juar plus Trophy dan Sertifikat

Juara III Rp 25 juta plus Trophy dan Sertifikat

Sedangkan untuk umum,
Juara I Rp 25 juta plus Trophy dan Sertifikat, Juara II Rp 20 juar plus Trophy dan Sertifikat, Juara III Rp 15 juta plus Trophy dan Sertifikat

“Ke 5 Karya Ilmiah/Paper terbaik per kategori (Offline) akan memperoleh Rp 3 dan 5 juta,” ungkap Iman.

Ditambahkan dia lagi, untuk Timeline atau batas pengumpulan karya ilmiah atau paper pada 31 Agustus 2024. Selanjutnya presentasi akhir 5 Karta Ilmiah/Paper terbaik per kategori secara offline pada tanggal 31 Oktober 2024.

“Ini merupakan kegiatan Sumatranomics yang digelar BI Sumut setiap tahunnya. Kedepan, Sumatranomics ini akan dijadikan platform untuk mensosialisasikan hasil kajian inisiasi analisis yang melingkupi wilayah Sumatra dan keseluruhan,” katanya. (JB Rumapea)

Facebook Comments Box
Translate »