20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Capaian Kinerja APBN di Provinsi Sumut Meningkat pada Semester I 2024

2 min read

Blinkiss.id, Medan

Capaian atas kinerja anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sepanjang Periode Januari hingga Juni 2024 ini mengalami peningkatan secara signifikan, walau pada saat ini, menunjukan adanya kontraksi.

Gambaran di atas tersebut berdasarkan paparan resmi dari pihak perwakilan Kementerian Keuangan perwakilan Sumut yang menyebutkan pencapaian kinerja APBN di wilayah Sumut untuk Semester I Tahun 2024.

“Laporan ini menyoroti berbagai aspek penting, mulai dari penerimaan pajak juga kepabeanan hingga belanja negara,” ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Pajak Sumut I selaku Kepala Perwakilan Kemenkeu Sumut, Arridel Mindra, Selasa (30/7/2024)

“Disisi lain proyek strategis nasional, yang menunjukkan perkembangan serta tantangan untuk pengelolaan keuangan negara di Sumut,” paparnya.

Arridel Mindra menyatakan bahwa pada paruh pertama tahun 2024, pendapatan APBN di Sumut mencapai Rp 14,26 triliun, dan angka ini menunjukkan kontraksi sebesar 16,51 persen bila dibandingkan pada periode sama tahun sebelumnya atau year on year (yoy).

Mengenai pajak, Arridel Mindra menyatakan bahwa penerimaan pajak hingga akhir Juni 2024 adalah sebesar Rp 15,03 triliun. Ini berarti realisasi penerimaan pajak mencapai 38,42 persen dari target yang telah ditetapkan.

Sedangkan Kakanwil DJP Sumut II, Darmawan, menyatakan bahwa jenis pajak dengan pertumbuhan tertinggi adalah jenis pajak PPh Final pertumbuhan sebesar 28 persen.

Sementara itu Kakanwil Direktorat Jenderal
Kekayaan Negara (DJKN) Sumut, Dodok Dwi Handoko menyatakan bahwa pendapatan negara bukan pajak (PNBP) berhasil mencatatkan pertumbuhan positif yaitu mencapai Rp 1,43 miliar peningkatan sebesar 6,31 persen (yoy).

Pertumbuhan PNBP, ujarnya, didorong oleh pendapatan Badan Layanan Umum (BLU) yang melonjak hingga 25,26 persen (yoy), mencerminkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan BLU dalam mendukung pendapatan negara. (JB Rumapea)

Facebook Comments Box
Translate »