20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Syahrul Yasin Limpo Mundur sebagai Menteri Pertanian: Siapa Penggantinya?

1 min read

Jakarta – Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pertanian (Mentan). Pertanyaannya, kapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menunjuk pejabat definitif menggantikan posisi tersebut?

“Ya nantilah, wong sudah ada. Sudah di-handle oleh Pak Arief,” kata Jokowi di Desa Ciasem, Subang, seperti dalam video di akun YouTube Setpres, Minggu (8/10/2023).

Jokowi menjelaskan bahwa posisi Mentan saat ini sudah diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt). Dia menugaskan Kepala Badan Pangan, Arief Prasetyo, sebagai Plt Mentan.

“Sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti sudah saya tanda tangani juga,” ujar Jokowi di Istana, Jakarta, Jumat (6/10).

Sebagai informasi, SYL terlibat dalam kasus dugaan korupsi yang sedang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK telah melakukan penggeledahan di rumah dinas dan rumah pribadi SYL. Uang miliaran rupiah serta mobil mewah juga disita oleh KPK terkait kasus ini. Namun, KPK belum menjelaskan apa status hukum SYL dalam kasus dugaan korupsi di Kementan.

Dengan pengunduran diri SYL, Presiden Jokowi telah menunjuk Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan, sebagai Plt Mentan untuk sementara waktu. Walaupun belum ada penggantian definitif, penunjukan Arief Prasetyo diharapkan dapat menjaga kelancaran operasional Kementerian Pertanian. Kita tunggu kabar lebih lanjut untuk mengetahui siapa yang akan menjadi Mentan definitif menggantikan SYL.

Facebook Comments Box
Translate »