20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Usai Perayaan HUT RI ke-79, Harga Cabai Naik Drastis

2 min read

Blinkiss.id, Medan

Di akhir pekan setelah usai Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79, harga cabai merah mengalami kenaikan secara signifikan.

Harga cabai merah yang sempat diperdagangkan pada rentang 33 hingga 38 ribu per Kg pasaran hari Jumat dan hari Sabtu.
“Kini mengalami kenaikan menjadi 38 hingga 45 ribu per Kg nya pada hari Minggu. Hal sama juga dialami oleh harga cabai rawit, naik hingga mencapai 50 ribu per Kg nya,” ungkap Gunawan Benjamin, Pengamat Ekonomi Sumatera Utara.

Lebih lanjut disampaikan Gunawan, kenaikan harga cabai yang terbilang wajar, seiring supply and demand yang tidak seimbang pada hari Sabtu bertepatan di perayaan kemerdekaan RI
ke -79, Minggu (18/8/2024)

Dengan semangatnya Masyarakat mengikuti perayaan kemerdekaan RI, sehingga aktifitas produksi mengalami penurunan. Ini juga hanya akan berlangsung sesaat, walaupun di awal pekan (hari Senin) harga belum sepenuhnya akan mencerminkan kondisi kesimbangan pasar yang normal, paparnya.

Pada hari Minggu, ujarnya hujan deras terpantau merata dari wilayah basis produsen maupun konsumen yang bisa saja membuat pasokan menjadi terganggu. Ditambah lagi hari Minggu umumnya lebih banyak dimanfaatkan untuk beribadah dibandingkan turun ke ladang. Pada hal sebelum hari Sabtu (17/08), harga cabai merah dan cabai rawit pada tren melemah.

Ditambahkan Gunawan, pelemahan sebelumnya dipicu oleh meningkatnya supply atau persediaan. Terpantau pasokan cabai medan yang menginap di level pedagang besar diperkirakan meningkat sekitar 8 hingga 10 ton permalamnya.

Sehingga harga tengah mengalami tekanan, walaupun kenaikan harga selama bulan Agustus ini juga diakibatkan dengan meningkatnya demand atau permintaan dari luar Sumut seperti Riau, imbuhnya.

Selebihnya, harga komoditas kebutuhan pangan di masyarakat terpantau begerak stabil. Bahkan daging ayam terpantau sedikit turun di akhir pekan. Terjadi penurunan 1.000 hingga 2.000 per Kg nya.

Harga daging ayam di wilayah Langkat, Deli serdang serta kota Medan berada pada rentang 25 hingga 29 ribu per Kg nya. Kemudian, harga kebutuhan pokok strategis lainnya seperti beras, minyak goreng, daging sapi, bawang merah dan putih, telur ayam bergerak stabil, sebut Gunawan mengakhiri. (JB Rumapea)

Facebook Comments Box
Translate »