22 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Polres Samosir Gelar Rangkaian Pengamanan Menjelang Penetapan Paslon Pilkada 2024

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Guna mengantisipasi potensi gangguan serta keamanan selama proses penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir Pilkada Serentak 2024, Polres Samosir melaksanakan serangkaian kegiatan cipta kondisi juga pengamanan.

Kegiatan ini berlangsung mulai dari tahap persiapan hingga saat penetapan di Kantor KPU Samosir, Minggu (22/9/2024), Pangururan.

Sebagai bagian dari cipta kondisi, pada malam sebelumnya, personel Polres Samosir melakukan patroli di sejumlah lokasi vital terkait Pilkada. Patroli yang mencakup Kantor KPU, Kantor Bawaslu, gudang logistik Pilkada, serta area di sekitar Kota Pangururan dan jalur masuk Pulau Samosir melalui Tanjung Bunga, Jembatan Tano Ponggol, dan Simpang 4 Jalan Gereja Pangururan. Selama patroli, tidak ditemukan hal-hal mencurigakan yang berpotensi mengganggu keamanan.

Personel Polres Samosir telah dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan serta pengaturan lalu lintas di Kantor KPU Samosir di Desa Hutanamora, Pangururan. Pengamanan ini dipimpin langsung oleh PS Kabag OPS Polres Samosir, AKP Tito Juardi, dihadiri sejumlah pejabat kepolisian, seperti Kasat Intelkam, Kasat Lantas, Kasat Samapta, Kapolsek Pangururan.

Selain itu, menyiapkan personel siaga Dalmas di Mako Polres Samosir serta unit reaksi cepat yang siap dikerahkan bila diperlukan. Disisi lain juga, patroli pengamanan juga dilakukan di Kantor Bawaslu dan gudang logistik Pilkada untuk mengantisipasi potensi gangguan di lokasi-lokasi penting.

Pejabat sementara Kasi Humas Polres Samosir, Brigpol Vandu P. Marpaung, menyampaikan bahwa penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati belum selesai dilakukan, namun Polres tetap bersiaga di lokasi. “Kami juga telah menyiapkan pengamanan tambahan untuk calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, serta terhadap Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Samosir,” ucapnya.

Sebagai bagian dari prosedur keamanan Pilkada Serentak 2024, calon Bupati, Wakil Bupati, serta Ketua KPU dan Bawaslu akan dimasukkan ke dalam daftar objek vital yang mendapat pengamanan ekstra. Polres Samosir berkomitmen untuk menjaga kondusivitas pelaksanaan Pilkada Serentak di Samosir agar berjalan aman dan lancar. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate »