22 Februari 2025

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Transformasi Komunikasi PTPN IV Regional I, Prof. Effendi Gazali: Bisa Jadi Role Model BUMN

2 min read

Medan, BLINKISS – Perubahan besar dalam komunikasi korporasi mulai terlihat di sektor perkebunan, khususnya di PTPN IV Regional I. Pakar komunikasi Indonesia, Prof. Effendi Gazali, menilai bahwa langkah perusahaan dalam mengembangkan N4RI Media Corporate bisa menjadi contoh bagi transformasi komunikasi di BUMN.

Hal ini disampaikan dalam Talkshow dan Sharing Session Corporate Communication yang digelar di Aula Sawit PTPN IV Regional I, Jl. Sei Batanghari No. 2, Medan, pada Rabu (19/2/2025). Menurut Prof. Effendi, perusahaan perkebunan selama ini sering dianggap tertutup terhadap akses informasi. Namun, kehadiran N4RI Media Corporate membuktikan bahwa paradigma tersebut bisa diubah.

“Sudah saatnya perusahaan membuka diri dan mengantisipasi derasnya arus informasi. PTPN IV Regional I bisa menjadi pionir dalam mendukung ketahanan energi dan pangan nasional,” ujar Prof. Effendi.

Ia juga menekankan pentingnya pendekatan Co-Creative dalam pengelolaan media komunikasi ini. Dengan peran aktif dari Agent of Communication (AoC) yang telah dibentuk, transformasi komunikasi yang lebih terbuka dan strategis bisa tercapai.

“Jika dilakukan secara konsisten, N4RI Media Corporate akan menjadi role model bagi komunikasi korporasi di sektor perkebunan. Tidak menutup kemungkinan, ini juga bisa menjadi benchmarking bagi BUMN lainnya,” tambahnya.

Strategi Komunikasi untuk Membangun Reputasi Perusahaan

Dalam sambutannya, Region Head PTPN IV Regional I, Rurianto, menegaskan bahwa komunikasi di era digital bukan lagi sekadar alat, tetapi sudah menjadi elemen kunci dalam membangun reputasi perusahaan.

“Strategi komunikasi yang tepat bukan hanya meningkatkan kredibilitas perusahaan, tetapi juga memperkuat sinergi dengan media dan stakeholder lainnya,” jelasnya.

Teguh Usis, Konsultan Media dan Komunikasi dari Spora Comm, turut memberikan paparan teknis mengenai bagaimana komunikasi korporasi harus selaras dengan visi dan regulasi pemerintah. Menurutnya, kesuksesan strategi komunikasi perusahaan bergantung pada konsistensi dalam menjalankan kebijakan yang sudah ditetapkan.

Meningkatkan Peran Agent of Communication (AoC)

Ketika dikonfirmasi mengenai tujuan acara, Dr. Christian Orchard Perangin-Angin, Kepala Bagian Sekretariat & Hukum PTPN IV Regional I sekaligus Pimpinan Redaksi N4RI Media Corporate, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Agent of Communication (AoC) agar memiliki pemahaman yang sama dalam menyampaikan informasi terkait perusahaan.

“Setelah satu tahun berjalan, N4RI Media Corporate dan Agent of Communication (AoC) yang telah dibentuk di PTPN IV Regional I mampu membuktikan komitmen dan konsistensi. Ini menunjukkan bahwa transformasi dalam Corporate Communication benar-benar terjadi dan akan berdampak positif bagi citra perusahaan,” jelas Christian.

Komitmen Sosial dan Harapan ke Depan

Acara ini tidak hanya membahas strategi komunikasi, tetapi juga diisi dengan kegiatan sosial berupa pemberian santunan kepada anak yatim piatu dari Panti Asuhan Eben Haezer, Panti Asuhan Lima Bintang, serta anak-anak yatim piatu di sekitar Kantor PTPN IV Regional I.

Dengan semangat “Transformation Communication for Better Corporate Image”, PTPN IV Regional I berharap inovasi komunikasi yang telah dijalankan dapat terus berkembang dan menjadi standar baru dalam komunikasi korporasi BUMN. (Agung)

Facebook Comments Box
Translate »