20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Pemkab Samosir Gelar Sosialisasi KIE Rawan Bencana Dilingkungan Sekolah

2 min read

Blinkiss.id, Samosit

Bupati Samosir diwakili Asisten I Drs. Tunggul Sinaga, M.Si membuka pelaksanaan Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Komunikasi (KIE) Rawan Bencana Samosir dilingkungan Sekolah Se-Kecamatan Pangururan.

Kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Aula SMA Negeri 1 Pangururan, Kamis (30/11/2023).

Dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Sumut John Suhartono Purba, selaku Narasumber, dan Kepala Sekolah SMA N 1 Pangururan Heppy Tua Aritonang, S.Pd.

Kalak BPBD Samosir Sarimpol Simanihuruk menyampaikan, sosialisasi ini menghadirkan peserta yakni perwakilan siswa SMP, SMA dan SMK serta Guru Pendamping yang ada di Pangururan. Dengan jadwal kegiatan akan dilaksanakan di setiap sekolah wilayah Palipi dan Kecamatan Sitiotio.

Bupati Samosir diwakili Asisten I Drs. Tunggul Sinaga, M.Si, mengapresiasi BPBD Samosir yang telah menginisiasi pelaksanaan sosialisasi komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) dilingkungan sekolah di Samosir

Tunggul berharap, setelah ini akan ada kegiatan tindak lanjut dilingkungan sekolah. Para guru pendamping diharapkan menginisiasi pembentukan komunitas siswa tanggap bencana dilingkungan sekolah masing-masing, yang dibekali pengetahuan tentang kegiatan pra bencana, saat dan pasca bencana.

Selanjutnya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Sumut John Suhartono Purba, S.Pd, SH, MH menyampaikan pemaparan terkait Implementasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Sekolah.

Kata John Purba, bahwa SPAB adalah amanat Permendikbud RI Nomor 33 Tahun 2019, yang pada dasarnya SPAB bertujuan untuk meningkatkan keselamatan warga sekolah dari risiko bencana. SPAB melibatkan seluruh komunitas pendidikan, termasuk siswa, guru, dan staf sekolah, dalam upaya meminimalkan risiko serta merencanakan dan merespon kejadian bencana dengan efektif.

Ada tiga pilar utama Satuan Pendidikan Aman Bencana yaitu, Fasilitas Sekolah Aman, Manajemen Bencana di Sekolah, dan Pendidikan Pencegahan dan Pengurangan Risiko Bencana. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate ยป