Indosat Genjot Ekspansi Jaringan dan Layanan Premium di Sumatera

Blinkiss.id, Samosir
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) terus menunjukkan komitmennya untuk memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas layanan di berbagai wilayah, termasuk daerah-daerah pelosok di Sumatera.
Hal ini meski masih menghadapi tantangan dari kompetitor, Indosat dengan menegaskan bahwa kekuatan mereka terletak pada komitmen serta pendekatan yang adaptif terhadap preferensi pelanggan.
“Masih banyak yang belum tahu bahwa IM3 dan Tri sekarang berada dalam satu payung besar Indosat Ooredoo Hutchison. Ini yang sedang kita perkuat, terutama dari sisi edukasi dan brand positioning,” ungkap Maulana Muzaqi, VP-Head of Own Base Management Circle Sumatra Indosat Ooredoo Hutchison saat sesi FGD News Hunt pada Media Gathering Indosat Ooredoo Hutchison di Samosir, Sumatra Utara (Sumut)
Muzaqi mengakui bahwa setiap brand, IM3 dan Tri, memiliki segmentasi tersendiri yang harus dijaga. Tri, misalnya, lebih dekat dengan pelajar, sementara IM3 cenderung menyasar mahasiswa dan masyarakat umum. Strategi ini diterapkan agar pangsa pasar tetap solid dan tidak saling memakan antara dua merek dalam satu grup.
Salah satu pendekatan terbaru adalah optimalisasi jaringan multi-operator carrier network (MOCN), yang memungkinkan pelanggan Tri dan IM3 saling menggunakan jaringan satu sama lain secara tanpa hambatan. Inisiatif ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas layanan, terutama di daerah yang sebelumnya belum terjangkau atau memiliki infrastruktur terbatas.
Indosat juga menunjukkan perhatian khusus pada daerah seperti Samosir, di mana ekspansi jaringan baru sedang dilakukan. “Kami ingin masyarakat di pelosok pun mendapatkan akses layanan yang setara dengan kota-kota besar,” ucapnya, Minggu (15/6/2025)
Di tengah persaingan dengan operator lain, IOH justru melihat perbedaan sebagai kekuatan.
“Semua operator punya keunggulan dan tantangan masing-masing. Tapi yang penting adalah komitmen tanpa itu, produk dan jaringan sehebat apa pun akan tetap menjadi tantangan,” tambahnya.
Salah satu layanan unggulan yang tengah dikembangkan adalah Indosat Prime Platinum, sebuah produk untuk segmen premium yang dilengkapi teknologi AI untuk memprofiling pelanggan, memberikan respons cepat, serta menyediakan jalur bantuan khusus 24 sehari dan 7 hari sepekan. IOH mengklaim bahwa pertumbuhan pelanggan Platinum menunjukkan tren positif dari bulan ke bulan.
“Dalam dunia telekomunikasi dengan menenangkan hati pelanggan itu lebih dari sekadar harga. Pelanggan setia cenderung tidak mudah pindah jika merasa puas. Itulah kenapa respons cepat dan layanan pelanggan menjadi PR besar kami saat ini,” ujarnya
Dengan komitmen yang terus diperkuat, teknologi yang semakin canggih, dan strategi segmentasi yang matang, IOH optimis bisa memperluas jangkauan serta meningkatkan kepuasan pelanggan di seluruh Indonesia.
Perkuat Layanan di Wilayah Pedesaan dengan Distribusi dan Jaringan yang Merata
Pramana Kawas Tarigan, VP-Head Sales of Northern Sumatra IM3, mengatakan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) terus menunjukkan keseriusannya dalam memperluas layanan ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk kawasan pedesaan. Pasca-merger tahun 2022, perusahaan tak hanya fokus pada penguatan jaringan, tapi juga memastikan kemudahan akses produk dan layanan melalui sistem distribusi yang terstruktur.
“Distribusi adalah kunci. Kami ingin memastikan bahwa pelanggan, bahkan di area rural, mudah mendapatkan produk, bisa isi ulang dengan gampang, dan tahu ke mana harus bertanya kalau ada masalah,” terangnya.
Untuk menjangkau area kota besar hingga pelosok, IOH mengandalkan dua sistem kemitraan utama. Mitra IM3 dan jaringan Tri kios. Saat ini, tercatat ada sekitar 100 Mitra IM3 tersebar di wilayah-wilayah Sumatera. Para Mitra memberikan dukungan distribusi sekaligus pusat layanan bagi pelanggan.
Model kemitraan ini dinilai penting, khususnya dalam memberikan rasa aman bagi pengguna baru yang ingin mencoba layanan IOH.
“Kalau pelanggan merasa isi ulang mudah, ada tempat bertanya saat ada kendala, dan jaringannya bagus, mereka akan merasa nyaman untuk berpindah ke layanan kami,” tuturnya.
Selain distribusi, IOH juga memperkuat strategi penjualan langsung melalui dua jalur, baik ritel maupun konsumen langsung. Tim ini berperan penting dalam memperkenalkan jaringan di area baru serta mengedukasi pelanggan mengenai layanan dan produk yang tersedia.
Setiap ekspansi jaringan di area baru pun melibatkan tim teknis yang memastikan kualitas jaringan sesuai standar sebelum diluncurkan secara luas.
“Kami tidak sekadar ekspansi, tapi memastikan bahwa ketika jaringan hadir di satu area, kualitasnya benar-benar bisa dirasakan,” katanya.
Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang IOH pasca-merger IM3 dan Tri. Meskipun proses konsolidasi telah selesai, semangat ekspansi tetap berlanjut, terutama di wilayah-wilayah yang sebelumnya belum terjangkau secara optimal.
“Dengan pendekatan menyeluruh — mulai dari distribusi, edukasi pelanggan, hingga penguatan jaringan IOH optimis mampu memenangkan kepercayaan masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan yang selama ini belum banyak tersentuh oleh layanan berkualitas tinggi,” tutupnya.