BNI Dorong Pemanfaatan AI Perkuat Komunikasi BUMN

Blinkiss.id, Jakarta
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendukung penuh inisiatif Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) guna memperkuat fungsi komunikasi perusahaan.
Dukungan ini diwujudkan melalui keikutsertaan BNI dalam Workshop Komunikasi bertajuk “Transformasi Komunikasi Lewat AI” yang digelar Kementerian BUMN pada 13–14 Agustus 2025 di Mikie Resort Hotel, Berastagi, Sumatera Utara.
Acara yang diikuti 94 peserta yang terdiri dari praktisi komunikasi korporasi, internal ambassador BUMN, hingga pimpinan wilayah dari berbagai perusahaan BUMN
Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menilai, pemanfaatan AI dalam strategi komunikasi menjadi kebutuhan penting bagi BUMN menyampaikan pesan publik secara efektif, cepat, dan tepat sasaran.
“Dengan strategi komunikasi yang lebih canggih, program-program BUMN dapat dipahami lebih jelas oleh masyarakat sekaligus memperkuat persepsi positif terhadap kontribusi BUMN di berbagai sektor,” ungkap Okki lewat keterangan tertulis, Rabu (20/8/2025)
Pada sesi pelatihan teknis, peserta mendapatkan materi dari CEO Zando Agency sekaligus Co-Founder AICO Community Tommy Teja. Materi yang disampaikan mencakup pemanfaatan AI untuk menghasilkan ide kreatif, membuat konten visual, hingga penulisan naskah secara efisien.
Selain teori, peserta juga melakukan praktik lapangan dengan mengunjungi sejumlah aset strategis BUMN, antara lain Geothermal Pertamina, fasilitas Pupuk Indonesia, serta UMKM binaan Rumah BUMN seperti Artistica Bakery dan Gundaling Uis di Berastagi.
Kunjungan ini memberikan gambaran nyata tentang peran BUMN dalam mendukung ketahanan energi, pangan, serta penguatan ekonomi lokal. Para peserta kemudian diminta memanfaatkan AI untuk membuat konten yang menampilkan kontribusi positif BUMN di masyarakat.
Menurut Okki, penguatan kapasitas SDM komunikasi akan terus menjadi program berkelanjutan. Teknologi, khususnya AI, diyakini dapat menjadi katalis penting dalam menjaga kepercayaan publik sekaligus memastikan informasi mengenai kontribusi BUMN tersampaikan secara luas.
“Dengan komunikasi yang efektif dan berbasis teknologi, BUMN diharapkan mampu menjaga kepercayaan publik sekaligus memastikan pesan mengenai kontribusi nyata tersampaikan secara luas dan tepat sasaran,” sebut Okki. (JBR/15)