Wabup Samosir Sambut Kunker Sekjen Ombudsman RI, Sebagai Komitmen Pelayanan Publik

Blinkiss.id, SAMOSIR
Untuk peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ombudsman Republik Indonesia Dr. Suganda P. Pasaribu, AP.,M.Si, M.Si, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Samosir.
Kehadiranya disambut langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Samosir, Ariston Tua Sidauruk di ruang lobby lantai. 2 Kantor Bupati Samosir ikut dihadiri Staf Ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Samosir.
Wabup Ariston menegaskan bahwa undang-undang telah mengamanatkan instansi penyelenggara pelayanan publik harus terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
“Melalui Asistensi ini, diharapkan kita semua akan mampu dan paham tentang tahapan dan strategi kebijakan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, baik dari sisi kualitas, waktu kemudahan dan biaya,” papar Ariston, Rabu (15/10/2025)
Sementara itu, Sekjen Ombudsman RI menyoroti tantangan pelayanan publik di era digital saat ini. Ia menyebut fenomena “No Viral No Justice”, dimana peningkatan layanan acap kali baru terjadi setelah viral di media sosial.
“Situasi tersebut menuntut pemerintah selaku garda terdepan dalam penyediaan layanan publik untuk berpikir secara kreatif dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik,” jelasnya.
Sebagai penyelenggara pelayanan publik, Dr. Suganda mendorong aparatur pemerintah untuk dapat menemukan cara baru untuk menyelesaikan masalah yang ada dan meningkatkan kualitas pelayanan, diantaranya dengan membentuk lingkungan yang mendukung inovasi, memanfaatkan teknologi digital, membangun kemitraan dan lain sebagainya.
“Dalam hal ini, kita harus mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP), terus memperbaharui diri, melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat atas inovasi dan kemudahan pelayanan yang diberikan pemerintah,” sebutnya. (RS/15)