20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Polres Samosir Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023 – 2024

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Mako Polres Samosir menjadi lokasi pelaksanaan Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023 – 2024, yang dipimpin oleh Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman, S.H., S.I.K, M.H.

Kegiatan akhir tersebut untuk mempersiapkan pengamanan Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024 di wilayah Samosir.

Ikut hadir Waka Ops Res, Karendal Ops, para Kasatgas, Personil Dalmas / Siaga Wilayah, serta seluruh personel pengamanan di PPK dan TPS wilayah hukum Polres Samosir, Senin (12/2/2024)

Yang sebelumnya Kapolres menyerahkan tas perlengkapan kepada seluruh petugas pengamanan TPS.

Kapolres menekankan pentingnya pengamanan dalam setiap tahapan Pemilu. “Pengamanan Pemungutan dan Penghitungan Suara Hingga Rekapitulasi Suara Adalah Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang memiliki nilai spesifik untuk pesta demokrasi. Petugas Polri dituntut mencegah potensi rawan yang ada di swkitar area TPS sehingga tidak menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu stabilitas Pemilihan Umum Serentak 2024 yang dwmokraai dan berkualitas”. tuturnya.

Selain itu, beliau juga menggarisbawahi kewajiban petugas Polri dalam pengamanan TPS, termasuk langkah-langkah pengamanan, penggunaan seragam, serta prioritas keamanan wilayah TPS.

Usai apel, dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap personel pengamanan Pemungutan Suara Pemilu 2024 di wilayah Samosir, disertai dengan penyerahan multi vitamin dan obat.

Ditambahkan Kapolres, bahwa pengamanan dilakukan di 465 TPS dengan kekuatan personel 93 orang dari Polres Samosir dan 37 orang dari BKO Polda Sumut. Sebagai langkah ini diambil untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024.

Selain itu, personel Dalmas juga disiagakan di dua wilayah, yakni di Kecamatan Pangururan dan Kecamatan Palipi.

“Pelaksanaan Apel Persegeran Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023 – 2024 merupakan tahapan terakhir persiapan kita dalam melaksanakan pengamanan Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024. Kita akan lanjutkan dengan pengamanan pendistribusian logistik pemilu dari gudang logistik KPU Kabupaten Samosir ke setiap PPK se-Samosir,” tegasnya. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate »