20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Polres Samosir, Cegah Gangguan Kamtibmas, Ccptakan Pilkada Damai

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Polres Samosir melalui Personil Bhabinkamtibmas melaksanakan Patroli Dialogis ke Desa Harian Onanrunggu, Desa Pallombuan Palipi, Desa Unjur Simanindo, Desa Saornauli Hatoguan.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Wilayah Hukum Polres Samosir, dengan cara dialog serta Memggalang masyarakat di Desa Binaan.

“Melalui Patroli Dialogis ini, Bhabinkamtibmas yang sudah dekat dengan masyarakat di desa binannnya memberikan imbauan kamtibmas menjelang Pilkada pada November 2024 di Samosir melalui komunikasi Sosial sebagai giat preemtif agar tidak mudah terpengaruh dari berbagai ancaman stabilitas keamanan khusunya merusak rasa kekeluargaan di Samosir yang diikat oleh Dalihan Natolu (Adat Batak Toba).

Untuk menjaga keamanan, disosialisasikan juga dampak penyalahgunaan narkotika di lingkungan masing-masing, meminta kepada warga segera melapor dan akan dijamin kerahasiaannya bagi yang memberikan informasi, dimana saat ini Polres Samosir masih banyak melakukan penindakan terhadap penyalah gunaan narkotika.

“Narkotila ini menyerang otak kita, bagaimana kita dapat memilih bakal calon kepala daerah kita yang tepat kalau pikiran kita sudah diganggu narkotika. Kiranya kita jauhkan Narkotika dari hidup kita agar kita bisa hidup dan berpikir sehat.”

Tak hanya itu saja, antisipasi terhadap curat, curas, dan curanmor (3C) juga disampaikan kepada warga agar tidak memberikan kesempatan kepada pelaku untuk melakukan aksinya, seperti mengunci ganda kendaraan yang parkir di depan rumah atau di pinggir jalan, pada malam hari agar kendaraan disimpan dilokasi yang aman, Sabtu (27/4/2924).

Bhabinkamtibmas Polres Samosir juga meminta kepada masyarakat didesa binannya “agar pada saat minum tuak jangan sampai larut malam, kalau bisa minum tuak di rumah saja, jangan minum tuak sampai mabuk dan di kedai tuak jangan membahas politik dikarenakan dapat menimbulkan gangguan yang dapat menimbulkan tindak pidana dikarenakan ketersinggungan oleh sesama peminum tuak yang berbeda pilihan bakal paslon kepala daerah, yang berbeda pendapat.”

Sementara itu, Kasi Humas Polres Samosir, Brigadir Vandu P Marpaung menyampaikan “Kesadaran Masyarakat atas pencegahan gangguan kamtibmas adalah bantuan tertinggi kepada Polri dalam menciptakan lingkungan yang aman adalah awal kebersamaan Polri dengan menciptakan Pilkada Tahun 2024 yang damai,” tutupnya. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate »