20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Srikandi PLN Sidak ke Lapangan Pastikan Petugas Terapkan Budaya K3

2 min read

Blinkiss.id, Medan

Sebagai upaya memberikan pelayanan yang terbaik sekaligus memperingati hari kartini, PLN senantiasa menjaga kehandalan jaringan kelistrikan.

Namun tahukah kamu, siapa yang menjaga para insan PLN untuk menunaikan tugas menjaga kehandalan jaringan listrik? Adalah Pegawai K3 terus berkomitmen guna meningkatkan kesadaran serta implementasi budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan PLN.

“Agar dapat tetap memberikan pelayanan ketenagalistrikan yang optimal juga sustain, seluruh unsur maupun insan PLN wajib selalu disiplin dalam menerapkan K3,” ungkap Saleh Siswanto, General Manager PLN UID Sumatera Utara (Sumut).

Saleh berpendapat, sebagai penerapan K3 di seluruh lini PLN akan meningkatkan kepuasan Pelanggan.

Safira Salma, Team Leader K3 PLN ULP Helvetia, adalah salah satu dari banyaknya Srikandi PLN merupakan bagian dari insan PLN menjadi agen perubahan. Setiap pekerjaan memastikan keandalan atau keamanan pasokan listrik, Safira melaksanakan pengecekan keandalan dan keamanan jaringan secara rutin.

“Beberapa poin yang rutin saya periksa antara lain jarak aman jaringan instalasi listrik kerumah pelanggan, potensi penyebab gangguan seperti pohon atau baliho disekitar jaringan maupun kelengkapan perlengkapan pengamanan jaringan, seperti pintu box LVC yang tertutup rapat dan sesuai standar,” jelas Safira, Sabtu) 18/5/2024), Medan

Kondisi kelengkapan APD dan kondisi fit dari petugas juga memainkan peran penting sebagai upaya menjaga keamanan pekerjaan kelistrikan, sebagai langkah upaya meningkatkan kesadaran untuk menciptakan lingkungan kerja aman, sehat bagi masyarakat juga insan PLN.

Safira juga mengatakan bahwa penyampaian pesan keselamatan setiap pagi dan menutup sore hari dengan laporan semua kondisi pegawai dalam keadaan sehat adalah langkah untuk membangun kesadaran pentingnya keselamatan dalam bekerja.

“Setiap pagi saat briefing, biasanya saya selalu menyampaikan forecast cuaca hari ini, mengatakan poin pesan keselamatan memastikan kondisi kesehatan tim, dengan mengingatkan untuk bekerja sesuai SOP dan list kelengkapan APD. saya juga mengingatkan betapa pentingnya kita pulang ke rumah dalam kondisi sehat dan kembali semangat untuk menjalankan tugas berikutnya.” tutupnya. (JB Rumapea)

Facebook Comments Box
Translate »