20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Pemkab Samosir Peringati Hari Lahir Pancasila 2024

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Sekretaris Daerah Kabupaten (Seksakab) Samosir Marudut Tua Sitinjak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir (Harla) Pancasila tingkat Kabupaten Samosir di Pangururan.

Diikuti Kapolres Samosir Yogie Hardiman, Pabung 0210 TU, para Asisten dan OPD Pemkab Samosir serta TNI, Jajaran Polres Samosir dan undangan lainya.

Harla Pancasila sebagai hari Bung Karno salah satu Proklamator Kemerdekaan, Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya tahun 1945 di sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Sebagai tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, Sabtu (1/6/2024)

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi melalui pidatonya yang dibacakan Sekdakab Samosir Marudut Tua Sitinjak mengatakan, Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.
Di dalam Pancasila yang terkandung nilai-nilai luhur menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi, gotong royong. Indonesia sebagai bangsa yang majemuk, Pancasila serta nilai-nilai menjadi bintang memandu kehidupan bangsa agar sesuai cita-cita pendirian negara.

Lebih lanjut disampaikan, perkembangan situasi global ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Kemajuan teknologi informasi saat ini dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini lebih semangat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia”, sebutnya mengakhiri. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate ยป