20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Pemkab Samosir Latih Kelompok Tani Membuat POC dari Limbah Ikan

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Ketapang dan Pertanian melakukan penyuluhan serta pelatihan pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) dari limbah ikan juga Asam Amino dari ikan merah (red devil) bagi Kelompok Tani Pardomuan, Desa Silimalombu, Onan Runggu, Sabtu (1/6/2024).  

Pelatihan yang diikuti oleh pengurus juga anggota Kelompok Tani Pardomuan dan seluruh PPL Onan Runggu serta Simanindo. 

Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Pemkab, Tumiur Gultom, menyampaikan kegiatan pelatihan pembuatan POC dan Asam Amino di Desa Silimalombu, khususnya Poktan Pardomuan, mengingat potensi bahan baku yang tersedia didaerah ini, yakni ikan dari perusahaan milik swasta yang selama ini dikelola untuk diasinkan menjadi ikan kering.

Selain itu, keberadaan populasi Ikan Red Devil (Louhan) di Danau Toba terus peningkatan, namun tidak berbanding lurus peningkatan harga jual.

“Hal inilah yang membuat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian hadir untuk memberikan pelatihan bagaimana mengelola ikan ini memiliki nilai tambah menjadi Asam Amino yang bermanfaat untuk pertanian juga”, ucapnya.

Ditambahkan Tumiur, kegiatan ini akan terus berkesinambungan. Dinas Ketapang dan Pertanian akan mendampingi untuk membantu menyediakan bahan-bahan tambahan pembuatan POC dan Asam Amino, peminjaman mesin penggiling, setelahnya hasilnya akan dipasarkan yang dibantu oleh Dinas Ketapang dan Pertanian. 

Ketua Poktan Pardomuan Toga Gultom menyambut baik dan menyampaikan terimakasih kepada Dinas Ketapang dan Pertanian yang telah melakukan sosialisasi dan pelatihan.

Lanjutnya, selama ini, bahwa hampir semua anggota kelompok tani Pardomuan sehari-harinya mengolah ikan limbah dari perusahaan swasta yang ada di Silimalombu. Dirinya berharap pelatihan ini, akan semakin meningkatkan perekonomian mereka melalui pengolahan limbah ikan menjadi POC maupun Ikan Red Devil menjadi Asam Amino. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate »