20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Bupati Samosir Ajak Pimpinan Lembaga Keagamaan Sukseskan Pemilukada Tahun 2024

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Bupati Vandiko T Gultom mengajak Pimpinan Lembaga Keagamaan untuk menjaga Stabilitas Politik serta Kerukunan Umat Beragama sebagai kesuksesan Pemilukada Tahun 2024.

Hal itu dibebarkan Bupati diwakili Asisten I Drs. Tunggul Sinaga, M.Si pada saat menghadiri Coffee Morning dan Diskusi Akselerasi Sinergitas yang digelar oleh FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) bersama Forkopimda, Lembaga Keagamaan dalam membangun semangat kerukunan dan kebangsaan secara demokratis menyongsong Pemilukada di Samosir Tahun 2024,.

Kegiatan yang digelar di Hotel JTS Parbaba Kecamatan Pangururan, Selasa (12/6/2024)  

Acara dihadiri Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, SH, S.IK, MH, Kajari diwakili Jaksa Fungsional Dwi Putri Desri Lana, SH, Pabung Kodim 0210/TU Wilayah Samosir G. Sebayang, Danramil Pangururan Kapten AZM. Siregar, Ketua FKUB Pdt. JM Sinaga, Kaban Kesbang Pol Dumosch Pandiangan, dan undangan lainya.

Lanjutnya menyampaikan, perbedaan pilihan politik itu pasti, tapi jangan sampai perbedaan menimbulkan perpecahan, apalagi politisasi di tempat ibadah dan kita patut waspada munculnya gesekan bernuansa agama, adu domba, dan politik identitas di tahun politik ini.  

“Jangan sampai kerukunan sudah terjalin selama ini rusak gara-gara benturan politik. Hal ini juga merupakan hal yang mudah untuk diucapkan namun sulit dalam pengamalannya. Namun walau tidak mudah, dengan kebersamaan dan semangat persatuan, serta dengan nilai- nilai universal, kerukunan tetap menjadi sebuah keniscayaan dalam negara yang majemuk”, ubgkapnya.

Menurut Bupati adalah sebagai wadah untuk mempersatukan umat dan memberikan rasa toleransi dalam perbedaan keyakinan antar umat beragama. Kegiatan konsep kerukunan umat beragama ini diharapkan memberikan pemahaman kepada Tokoh Agama untuk menciptakan susana kerukunan umat beragama di Samosir.

Bupati berharap agar pesta demokrasi Pemilukada Tahun 2024 dapat berjalan dengan kondusif, aman, dan lancar dan tumbuhkan semangat kebhinekaan rakyat tanpa adanya perbedaan.

“Berpolitik lah santun, hormati perbedaan pendapat, hindari politik kebencian. Kita semua adalah bagian dari satu bangsa, dan pemilu adalah wadah menyalurkan aspirasi dengan damai dan tertib”, tutupnya.

FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah Daerah dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

Kegiatan ini dilaksanakan karena FKUB terpanggil memberikan sumbangsih pemikiran, saran juga masuk meminimalisir kerawanan menghadapi Pemilukada 2024 di Kabupaten Samosir. 

Facebook Comments Box
Translate »