20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Pemkab Samosir Bersinergi PDHI Sumut Periksa Hewan Kurban

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Bidang Perkebunan dan Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumatera Utara (Sumut) melakukan pemeriksaan hewan kurban (Post Mortem) di Samosir.  

Pemeriksaan dilakukan disejumlah tempat yakni, di Masjid Al Hasanah Pangururan, Mushola Al-Ikhlas Tuktuk Siadong, Masjid Al-Ikhwan dan Al Mubarok Desa Janji Martahan Kecamatan Harian, Masjid Nurul Huda Desa Turpuk Sihotang Harian, Masjid Nurul Iman Sihotang, dan Masjid Nurul Islam di Desa Tambun Sungkean Onan Runggu.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghindari pemotongan hewan kurban yang sakit/tidak layak serta menjamin kualitas karkas, daging juga jeroan kurban Aman, Sehat Utuh dan Halal (ASUH) untuk dibagikan kepada jemaah, Rabu (18/6/2024)

PDHI Sumut menugaskan drh. Charterius Sitanggang melakukan pemeriksaan ante martem serta post mortem dibantu oleh sejumlah tenaga medis kesehatan Veteriner yang sudah terlatih yakni paramedis maupun Dokter Hewan.  

Kelancaran yang didukung juga dari kerjasama sebagai peran aktif panitia, pengelola serta pengurus masjid guna melakukan koordinasi terkait kegiatan pemantauan pemeriksaan hewan kurban tersebut. 

Total ada 21 ekor sapi dan 24 ekor kambing menjadi kurban di saat Hari Raya Idul Adha tahun ini di Samosir. Sebagai rincian di Masjid Al Hasanah Pangururan 7 ekor Sapi dan 4 ekor Kambing, Masjid Al Ikhlas Tuktuk Siadong 6 ekor Sapi dan 4 ekor Kambing, Masjid Al Ikhwan Desa Janji Martahan 1 ekor Sapi dan 1 ekor Kambing. Di Masjid Nurul Huda Desa Turpuk Sihotang 4 ekor Sapi dan 6 ekor Kambing, Masjid Nurul Iman Hariara Pohan 2 ekor Sapi dan 5 ekor Kambing, Masjid Al Mubarokah Desa Janji Martahan 1 ekor Sapi dan 1 ekor Kambing, dan di Masjid Nurul Islam Onan Runggu 4 ekor Kambing. 

Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Pemkab Samosir Dr. Tumiur Gultom, SP, MP menyampaikan terimakasih kepada PDHI Sumut yang telah membantu melakukan pemeriksaan hewan kurban. 

“Pemeriksaan merupakan kewajiban kami untuk menjamin keamanan pangan di Samosir, khususnya hewan kurban dalam perayaan Idul Adha 2024. Terimakasih kepada PDHI Sumut yang telah membantu Pemkab Samosir”, sebutnya mengakhiri. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate »