20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Bupati Samosir Apresiasi Uskup Agung Medan Serahkan Aset Kemenag

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Bupati .Vandiko T. Gultom mengapresiasi langkah Keuskupan Agung Medan yang telah menyerahkan aset kepada pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Vandiko berharap pembangunan infrastruktur juga fasilitasnya SMAK Negeri akan semakin lengkap. Untuk itu Bupati meminta perhatian Kemenag RI menambah kebutuhan guru Agama di Samosir, Rabu (19/6/2024)

Hal tersebut dibenarkan karena banyaknya permintaan penambahan guru Agama dari para pemuka Agama. “Banyak permintaan dari para tokoh Agama untuk menambah guru Agama, namun kami memiliki keterbatasan maka memohon Kemenag agar dapat membuka kuota guru Agama di Samosir,” pinta Bupati saat ikut menghadiri serah terima aset asrama mawar dari Keuskupan Agung Medan di SMAK Negeri Desa Simbolon Purba-Palipi.

“Tentu Pemkab. Samosir siap apabila diintruksikan pusat untuk bersinergi penanganan fasilitas. Walaupun sekolah ini sudah diserahkan ke pusat namun yang sekolah disini adalah putra-putri Samosir jadi wajar dibantu dan siap membantu anggaran apabila diintruksikan pusat” ucap Bupati.

Sementara Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI Suparman mengatakan sekolah Katolik untuk menghasilkan generasi berkarakteristik Katolik, memiliki integritas, jujur dan taat pada aturan. Perlu pembenahan secara infrastruktur juga fasilitas pendukung sehingga kedepan Bimas Katolik akan kolaborasi gereja dan pemerintah. Pemerintah membenahi dari sisi infrastruktur maupun pembinaan iman dari gereja dengan melibatkan kementerian lain sebagai pembinaan jasmani, aparatur.

“Kami tetap mementingkan pendidikan anak melalui mutu yang standar serta menjaga karakteristik. Pemerintah juga bagian dari Gereja maka kami akan membawa representase Gereja Katolik di pemerintahan, sehingga saya harus membawa visi dan misi gereja” ucapnya.

Lebih Suparman dengan menyakinkan bahwa kerjasama antara gereja dan pemerintah akan membentuk karakter generasi yang lebih bagus. “Tiga SMAK Negeri salah satunya SMAK Negeri Samosir akan kami tingkatkan lagi kualitasnya, kami punya anggaran untuk itu. Semaksimal mungkin infrastukturnya tahun depan akan dibenahi secara bertahap. Terima kasih atas dukungan dan kerelaan Bupati mendukung SMAK di Samosir,” sambutnya.

Uskup Agung Medan Kornelius Sipayung menyampaikan untuk menjadi pemimpin yang hebat harus mampu memimpin diri sendiri. Selain itu, mengajak seluruh kalangan untuk duduk bersama berpikir serta berjalan bersama untuk menjadi berkat bagi semua orang. “Terima kasih kepada Bupati Samosir yang tanggap juga peduli pada setiap acara Katolik dengan segala kesibukan masih menyempatkan hadir dalam acara ini ” ucapnya

Ikut hadir, Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI, Direktur Pendidikan Katolik Kemenag RI Salman Habeahan, Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Medan Michael Manurung, Pembimbing Masyarakat Katolik Wilayah Sumut Marihuttua Pasaribu, Kadis Pendidikan dan Kepemudaan Samosir, Kakan Kemenag, Kepala Sekolah SMAK Samosir Bonar Sinaga. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate ยป