BI Sumut akan Gelar Tiga Event Besar, Juli 2024
2 min readBlinkiss.id, Medan
Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada bulan Juli 2024 akan menggelar tiga event besar yakni Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) pada 3-7 Juli, North Sumatra Invest (NSI) Day 3 Juli serta BMPD Medan Run 7 Juli.
Hal itu disampaikan, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Yura Djalins kepada wartawan di kantornya Kamis (20/6/2024)
Yura Djalins didampingi Indra Kuspriyadi selaku Kepala Divisi Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah (KEKDA),
Wahyu Yuwana, Kepala Divisi Kelompok Perumusan KEKDA Provinsi dan
Andrianta Tarigan, Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Medan Run 2024 dari Bank Tabungan Negara (BTN).
Disampaikan Yura, sebagai tema KKSU yaitu “Rap Pamajuhon Sumatera Utara” yang artinya bersama-sama memajukan Sumatera Utara melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata juga penguatan investasi. KKSU yang akan berlangsung di dua lokasi; Istana Maimun dan Deli Park Medan.
“Pembukaan KKSU di Istana Maimun pada 3 Juli 2024 rencana dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan serta Gubernur BI Perry Warjiyo,” ucap Yura.
Pada tahun 2024 ini, Bank Indonesia ditunjuk menjadi campaign manager Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) serta Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) 2024 pada 3-7 Juli 2024 di Kota Medan yang diselaraskan pada HUT Kota Medan.
“GBBI dan GBWI salah satu Gerakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui belanja produk UMKM sekaligus berwisata di dalam negeri,” ungkapnya.
Harvesting GBBI dan GBWI dijadwalkan pada 3 Juli 2024 bertempat di Istana Maimun dilanjutkan dengan rangkaian acara KKSU di Deli Park Mall hingga 7 Juli 2024.
KKSU 2024 diselenggarakan bersamaan dengan North Sumatra Invest (NSI) Day 2024 sebagai ajang pameran investasi di Sumatera Utara.
Berbagai kegiatan NSI telah dirangkaikan berupa pameran proyek investasi dari 13 Kabupaten/Kota di Sumut, selebrasi Letter of Intent (LoI) investasi terkait pariwisata dalam rangka mendukung GBWI, serta one-on-one meeting dengan investor potensial.
Rangkaian KKSU kirannya dapat mengakselerasi pencapaian target Gernas BBI-BBWI yakni (i) Peningkatan jumlah UMKM onboarding dengan target 30 juta UMKM pada 2024, (ii) Peningkatan transaksi penjualan UMKM dengan transaksi Rp50 miliar per daerah selama tiga bulan sejak dimulai KKSU; (iii) Aksi afirmasi belanja dengan target 95 persen belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN).
(iv) Bangga Berwisata di Indonesia dengan target 1,25 -1,5 miliar perjalanan untuk wisatawan Nusantara dan 14,3 juta perjalanan wisatawan mancanegara sepanjang 2024.
Secara umum, lanjut Yura, agenda KKSU 2024 meliputi: Harvesting Gerakan Nasional (Gernas) BBI & BWI, pada 3 Juli 2024 di Istana Maimun dengan kegiatan meliputi pengembangan UMKM, pariwisata dan investasi, pameran produk unggulan Sumut yang dimeriahkan oleh penampilan dari Lyodra dan Lebah Begantong.
KKSU Forum meliputi talkshow dengan tema antara lain: Talkshow Kopi “Budaya Ngopi Mengakselerasi Industri dan Pertumbuhan Ekonomi”, Talkshow Pariwisata ”Pesona Pariwisata Sumatera Utara Memikat Dunia”.
KKSU Competition meliputi: Kopi: Lomba Latte Art, Lomba Signature Coffee, Lomba Manual Brew V60, Lomba Coffee Excellence;
Fashion: Lomba desain ready to wear dengan tema “Sustainable Fashion”;
Pariwisata: Lomba video reels destinasi wisata Sumut mendukung GBWI;