20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

BI Putuskan Suku Bunga Acuan Tetap 6,25 Persen

1 min read

Blinkiss.id, Jakarta

Dengan situasi kondisi ketidakpastian ekonomi global yang terus terjadi dan berdasarkan pertimbangan kebijakan Bank Indonesia (BI) serta pemerintah, BI telah memutuskan Bunga Acuan (BI Rate) tetap pada posisi sebesar 6,25 persen.

Sementara suku bunga 5,5 persen juga Suku Bunga Landing Fasility juga tetap sebesar 7 persen.

Keputusan suku bunga tersebut disampaikan Gubernur BI, Perry Warjiyo saat mengumumkan hasil pembahasan Rapat Dewan Gubernur (RDP) bulanan di Jakarta yang disiarkan melalui media sosial resmi BI, Kamis (20/6/2024).

“Berdasarkan hasil pembahasan rapat hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 2 hari lalu yakni 19/20 Juni 2024 mempertahankan BI Rate sebesar 6,25 persen, suku bunga 5,5 persen dan Landing Fasility sebesar tetap sebesar 7 persen,” papar Perry Warjiyo di hadapan sejumlah awak media yang dihadiri para Dewan Gubernur BI.

Dijelaskan Perry, keputusan ini konsisten dengan kebijakan moneter prostability sebagai langkah preentif untuk memastikan inflasi terkendali sebagai sasaran 2,5 persen plus minus 1 (2,5 persen ±1) pada tahun 2024 dan 2025.

“Kebijakan ini didukung atas penguatan oprasi moneter untuk memperkuat efektifitas stabilisasi nilai tukar rupiah juga masuknya aliran modal asing. Sementara itu kebijakan makroprodensial sistem pembayaran tetap progod untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” jelasnya. (JB Rumapea)

Facebook Comments Box
Translate »