20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Deputi Gubernur BI: KKSU 2024, Komitmen Perkuat Ekonomi dan Investasi

2 min read

Blinkiss.id, Medan

Sebagai upaya memperkuat perekonomian dan investasi di wilayah Sumatera Utara (Sumut), Bank Indonesia bersama Perbankan di Wilayah kota Medan melakukan Pagelaran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024.

Kegiatan tersebut yang dirangkai melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BBWI) dengan menghadirkan 400 UMKM lebih. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Deputi Gubernur BI serta Pj Gubsu, di Istana Maimon, Medan, Rabu (3/7/2024).

Disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung, kegiatan ini merupakan wujud komitmen memperkuat ekonomi dan investasi di daerah melalui kegiatan UMKM juga bisnis, serta promosi proyek investasi strategis di Sumut.

Sambungnya, selain itu, pelaksanaan Gernas BBI atau BBWI hal ini juga merupakan momentum untuk memperkuat UMKM maupun mengubah pola pikir untuk cinta dan bangga akan produk Indonesia.

“Mencintai produk Indonesia tidaklah cukup, sehingga diperlukan sebagai langkah strategis dalam menghadapi persaingan produk UMKM yang semakin ketat, diantaranya dengan menggunakan produk lokal buatan UMKM,” ucapnya.

Di sisi lain, sambung Juda Agung, adalah terus berinovasi mengikuti selera yang terus berkembang. Kemudian menonjolkan kualitas melalui keunikan dari produk UMKM.

“Produk yang dihasilkan tidak hanya memenuhi kualitas standar, tapi kualitas cerita, bahwa makanan tersebut adalah organik, tenun ini salah satu ramah lingkungan, kerajinan juga mempunyai nilai heritage yang harus dijaga. Pelaku UMKM sebagai penyumbang terbesar pada lapangan kerja di Indonesia, serta menjadi motor penggerak bagi ekonomi daerah sekaligus penyangga ketahanan ekonomi nasional,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, Gernas BBI dan BBWI 2024 merupakan rangkaian pagelaran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 bersama Bank Indonesia (BI) sebagai campaign manager yang berkolaborasi dengan Pemprov Sumut. Kegiatan juga menggandeng berbagai stakeholder seperti kementerian, perbankan, penyelenggara jasa sistem pembayaran (non bank), top brands, Dekranasda, dinas serta asosiasi terkait.

Pada pagelaran KKSU, ikut hadir antaranya Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo RM Manuhutu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut IGP Wira Kusuma, Forkopimda Sumut, sejumlah konsulat negara sahabat dan konsulat kehormatan, akademisi, pelaku UMKM maupun stakeholder lainnya. (JB Rumapea)

Facebook Comments Box
Translate »