20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Bupati Samosir Dukung Penggunaan Dana Desa untuk Bantuan Ketapang

1 min read

Blinkiss.id, Samosir

Bupati Vandiko T. Gultom mendukung 20 persen penggunaan dana desa untuk bantuan ketahanan pangan (Ketapang) guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini dibenarkan saat penyerahan bantuan kepada masyarakat Desa Simanindo di Kantor Kepala Desa Simanindo.

Bantuan diserahkan kepada 187 keluarga penerima manfaat (KPM) berupa bibit jagung, kompos serta jaring penangkap ikan. Ini adalah salah satu hasil musyawarah masyarakat juga sudah sesuai kebutuhan.

Dijelaskan Bupati, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir telah menerapkan pola sinergitas anggaran yaitu kerjasama penganggaran, baik dana desa.(DD), APBD Pemkab, provinsi dan pusat sebagai program pembangunan.
“Bantuan ini bersumber dari DD dengan pembagian anggaran sesuai instruksi pemerintah atas penggunaan 20 persen harus dialokasikan untuk Ketapang”, tuturnya.

Penjabat kepala Desa Simanindo Dermawan Sinaga, mengatakan, pemberian bantuan ketahanan pangan kepada masyarakat merupakan salah satu program nasional berkaitan dengan penurunan stunting serta kemiskinan ekstrim, Jumat (5/7/2024).

Melalui pemberdayaan bantuan tersebut diharapkan mampu masyarakat menyediakan kebutuhan pangan secara mandiri.

Oleh karena itu, mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama mengawasi bantuan Ketapang sehingga tidak disalahgunakan.

“Saya berharap dapat digunakan sebagaimana mestinya guna meningkat ekonomi keluarga, demi tercapainya visi kabupaten Samosir terwujudnya masyarakat sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan juga pendidikan” ungkapnya.

Kegiatan di hadiri, Camat Simanindo, Forkopimca Simanindo, pendamping desa dan keluarga penerima manfaat. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate ยป