20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Bupati Samosir Salurkan 1.512 BPJS Rentan Bukan Penerima Upah Pekerja

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Peduli terhadap pekerja rentan bukan penerima upah, Bupati Vandiko T. Gultom memberi bantuan BPJS gratis diserahkan kepada penerima di halaman Kantor Bupati Samosir.

Ikut hadir Asisten I, Asisten II, Kadis Kopnakerindag, Plt Kadis Ketapang Pertanian, Kadis Kominfo, Kasat PolPP, Ka BPKPD, para Camat, Kepala Desa serta penerima manfaat, Rabu (10/7/2024)

Sebanyak 1.512 BPJS Ketenagakerjaan gratis diberikan untuk program jaminan kecelakaan kerja dan kematian. Hal ini untuk memberi perlindungan jaminan ketenagakerjaan sehingga pekerja bukan penerima upah kategori rentan dapat bekerja tenang juga meningkatkan produktifitasnya.

Bupati Vandiko mengatakan, niat memberi BPJS kepada para pekerja rentan bukan penerima upah berdasarkan pengalaman dimana pada waktu lalu saat terjadi kecelakaan bagi pekerja di Pemkab Samosir, pihak BPJS memberikan santunan yang cukup besar yang dapat membantu kebutuhan keluarga korban. “Saya memberikan langsung klaim dari kecelakaan yang terjadi saat bekerja di lingkungan Pemkab Samosir dan saya berpikir cukup membantu sekali”, ucapnya.

Pemberian Kartu BPJS ketenagaankerjaan gratis merupakan program Pemkab Samosir dan baru pertama kali ada. Hal ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin dan memperhatikan keselamatan pekerja rentan di Samosir. BPJS kesehatan masyarakat sudah tercover kurang lebih 99 persen.
“BPJS Ketenagakerjaan gratis ini baru kali pertama dianggarkan Pemkab Samosir. Ini untuk menjamin resiko kerja, semoga tahun depan bisa dibagikan kembali”, tuturnya.

Kabid Kepesertaan BPJS Pematang Siantar Arie Toteles Sitinjak, Jaminan kecelakaan kerja serta kematian sangat penting dan bermanfaat sebagai perlindungan ketika terjadi risiko kecelakaan kerja pada saat pergi di lokasi kerja dan kembali. Untuk tahun 2023 BPJS ketenagakerjaan sudah membayar klaim 10 kasus yang meninggal dunia dana 420 juta serta beasiswa 60 juta 500 ribu.

“Sentuhan langsung kepada tenaga kerja dari Bupati ini sesuatu yang langka terjadi dan sangat kami apresiasi secara kebetulan ini ada 1.512 kartu yang kemarin sudah daftarkan di BPJS ketenagakerjaan”, paparnya. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate »