20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Ketua KPU Sumut Dorong Kabupaten/Kota Selesaikan Coklit 100 Persen

1 min read

Medan, BLINKISS – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Agus Arifin, mendorong KPU Kabupaten/Kota untuk segera menyelesaikan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih tepat waktu, yaitu 100%.

“Kami berharap jajaran KPU di kabupaten/kota dapat menyelesaikan proses coklit tepat waktu, sesuai dengan perundangan yang berlaku,” ujar Agus Arifin usai menghadiri acara Sosialisasi Tahapan Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2024, pada Jumat (12/7/2024) di Hotel Grand Aston Medan.

Agus mengungkapkan bahwa hingga hari ini, sekitar 80% pencoklitan sudah dilakukan oleh petugas Pantarlih di masing-masing daerah. Batas akhir coklit untuk persiapan Pilkada 2024 adalah pada 24 Juli 2024.

“Artinya, proses pencocokan masih berjalan, sehingga kami meminta agar pemutakhiran data pemilih dilakukan tepat waktu, bahkan hingga ke pelosok-pelosok,” tambahnya.

Diketahui bahwa dari seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara, baru Kabupaten Langkat dan Kabupaten Pakpak Bharat yang telah mencapai 100% dalam pencoklitan data pemilih.

Sementara itu, Anggota KPU Sumut, Robby Effendi Hutagalung, melaporkan bahwa hingga 11 Juli 2024, data pemilih yang telah dicoklit baru mencapai 79,54%. “Sebagian besar kabupaten/kota sudah hampir rampung, rata-rata mencapai 80%. Proses ini sudah berjalan sesuai dengan tahapan dan jadwal,” katanya.

Robby juga menyebutkan bahwa ada kendala di beberapa daerah, seperti di Nias Selatan, khususnya Kecamatan Sibuk, yang mengalami masalah dengan jaringan internet saat mendownload data, menyebabkan proses menjadi agak lambat. (ZT)

Facebook Comments Box
Translate »