20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Pemkab Samosir Lakukan Gerakan Pangan Murah di Pangururan

1 min read

Blinkiss.id, Samosir

Gerakan pangan murah (GPM) untuk stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di Kecamatan Pangururan diserbu Warga.

Secara teratur juga tertib ratusan warga belanja sesuai kebutuhan. GPM yang digelar guna pengendalian inflasi daerah dengan memberikan kemudahan untuk memperoleh bahan pangan harga terjangkau di Taman Sitolu Hae Horbo, Samosir, Selasa (16/7/2024)

Hal ini dilakukan dengan kolaborasi Badan Pangan Nasional, Bank Indonesia, Dinas Ketapang serta Hortikultura Sumut juga Bulog, Pemkab menyediakan berbagai komoditas harga terjangkau, berada dibawah harga pasar.

Berbagai komoditas yang disediakan antara lain, Beras 57 ribu/5 kg, minyak goreng 15 ribu/ liter, bawang merah 20 ribu , Gula pasir 16.000/ kg, Cabe merah Rp. 28.000, kentang 13 ribu, kangkung 5 ribu/2 ikat, Tomat 4 ribu/ kg.

Selain memantau, Wakil Bupati Samosir Martua Sitangga juga turut melayani masyarakat serya mengatakan bahwa Pemkab Samosir membentuk tim pengendalian inflasi untuk mengantisipasi kestabilan harga serta pasokanya.
“Tentu tujuannya yakni menstabilkan harga pasar kebutuhan pokok pasar murah juga merupakan perhatian pemerintah bagaimana harga pangan stabil sehingga masyarakat bisa terbantu”, ucap Martua.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menjelaskan GPM dilaksanakan selama 3 (tiga) hari di 3 (tiga) lokasi. “Sebelumya sudah dilakukan di Kecamatan Simanindo, hari ini di Pangururan dan besok tanggal 17 akan diadakan dikantor Camat Palipi”, sebutnya.

Untuk pemerataan, per KK memperoleh Beras 10 kg, minyak goreng 1 kg dan lainnya 1 kg supaya semua bisa mendapatkan. Minyak goreng, gula dan beras dijual dibawah harga HET saat ini. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate ยป