19 Februari 2025

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

RS Prima Husada Cipta Medan Klarifikasi Dugaan Pelayanan Buruk Terhadap Pasien

2 min read

MEDAN, BLINKISS – Rumah Sakit (RS) Prima Husada Cipta (PHC) Medan akhirnya memberikan klarifikasi resmi menanggapi isu terkait dugaan pelayanan buruk terhadap pasien yang berakibat fatal. Dalam konferensi pers, Senin (20/1/2025), pihak rumah sakit memastikan bahwa penanganan pasien telah dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.

Devi Windari, Senior Vice President Corporate Secretary RS PHC Medan, menegaskan bahwa isu tersebut tidak benar. “Dokter dan perawat telah memberikan penanganan sesuai kondisi pasien, mulai dari pemeriksaan hingga pemberian obat,” ujar Devi saat konferensi pers di ruang rapat RS PHC Medan, Kecamatan Medan Belawan.

Menurut Devi, pasien awalnya masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) pada Jumat (10/01/2025) sore dengan keluhan sakit pada rahang. Pasien langsung mendapatkan pemeriksaan oleh dokter jaga dan konsultasi dengan dokter spesialis. Setelah stabil, pasien dipindahkan ke ruang rawat inap.

Namun, keluhan pasien semakin bertambah, dengan rasa sakit menjalar ke perut, punggung, dan bagian lain. Menurut pihak keluarga, dokter tidak segera menangani keluhan tersebut meskipun mereka telah menginformasikannya.

Devi menjelaskan bahwa pada saat itu dokter jaga sedang menangani pasien lain di IGD. Namun, dokter tetap datang untuk memberikan tambahan obat dan edukasi kepada pasien serta keluarga.

“Kami tidak mengabaikan pasien. Ketika kondisi pasien memburuk pada malam harinya, tim dokter dan perawat langsung memberikan penanganan darurat,” jelasnya, didampingi dr. Heikal Rama Darya, M. Ked (OG), Sp. OG – Ketua Komite Medik RS PHCM, dr. Ausvin Geniusman Komaini, MH.Kes, CPOD – SVP Operasional, dan dr. Syafril Armansyah, MKM – Kepala Rumah Sakit PHCM.

Devi menambahkan bahwa selama proses perawatan, seluruh tindakan yang dilakukan telah sesuai dengan standar operasional rumah sakit. “Kami selalu memastikan keselamatan pasien dan memberikan pelayanan terbaik tanpa diskriminasi,” tegasnya.

Menanggapi pemberitaan yang menyebut dokter RS PHC Medan kurang maksimal dalam melayani pasien, Devi menyangkalnya. Ia juga menyebut pihak keluarga korban telah memberikan klarifikasi dan meluruskan informasi yang beredar.

“Kami jadikan peristiwa ini sebagai pembelajaran untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya pasien yang dirawat di RS PHC Medan,” tutup Devi.

BLINKISS.ID

Facebook Comments Box
Translate »