20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Pemkab Samosir Bersama Provsu Berikan Bantuan Kepada Petani

2 min read

Blinkiss.id, Samosir

Pemerintah Kabupaten Dinas Ketapang (Pemkab) Samosir lewat Dinas Pertanian bersama Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melalui UPT. Perlindungan TPH dan PMKP Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura mengadakan Gerakan Basmi Hama Tikus di Desa Singkam-Sianjur Mula mula.

Selain mengedukasi petani cara membasmi tikus, juga menyerahkan bantuan 40 kg rodentisida klerat untuk mengatasi hama tikus. Kadis Ketapang dan Pertanian dengan Rukito dari UPT. Perlindungan TPH dan PMKT bersama tim turun langsung kelokasi persawahan, melakukan gropyokan atau pemburuan bersama petani melalui metode pengasapan dilakukan juga membakar belerang yang diarahkan pada lobang-lobang yang dianggap sebagai sarang tikus, Rabu (6/9/2024)

Rukito menjelaskan tikus sawah (Rattus argentiventer) merupakan salah satu hama utama yang menimbulkan kerugian besar bahkan dapat menimbulkan gagal panen pada budidaya tanaman padi sawah. Melihat kondisi persawahan di Desa Singkam yang juga dimiliki masyarakat Desa Sarimarrihit, Rukito mengatakan persoalan hama tikus harus diseriusi, sebelum diserang harus diupayakan.

“Intinya kebersamaan para petani, harus kompak dalam menanam sehingga hama tikus semakin mudah untuk dibasmi. Kami dari provinsi siap mendukung dan memberi bimbingan teknis pengendalian hama tikus dari awal sampai akhir” kata Rukito

Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom menjelaskan bahwa di Desa Singkam saat terjadi serangan hama tikus dan sebelumya telah dilakukan pengendalian hama walang sangit. Sebagai upaya penanggulangan, kata Tumiur pihaknya meminta dukungan dari Dinas Ketapang, TPH Provsu agar lahan yang belum diserang hama tikus dapat diselamatkan sehingga tidak semua lahan mengalami penurunan produksi.

“Mari selalu bekerjasama, saling mendukung supaya pertanian berhasil mengurangi serangan hama dan penyakit sehingga hasil panen meningkat. Jangan sudah ada serangan baru kita antisipasi.”

Ditambahkan Kades Singkam Parisna Sagala mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Samosir dan Provsu atas solusi yang diberikan untuk membasmi tikus. Dengan pemahaman dan bantuan yang diberikan Parisna berharap pertanian padi di Desa Singkam dapat kembali pulih setidaknya dalam musim kedepan akan lebih baik. “Kami perlu bantuan dinas pertanian demi pembasmian hama tikus dan hama lainnya” ucap Parisna. (R Simbolon)

Facebook Comments Box
Translate ยป