20 September 2024

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Ukraina Serang Pertahanan Udara Rusia di Belgorod

1 min read

Blinkiss.id – Belgorod, Ukraina, pada Rabu (4/10/2023), melaporkan serangan terhadap sistem anti-pesawat Rusia di dekat wilayah perbatasan. Ini merupakan tindak balas dari Ukraina sejak mereka meluncurkan operasi balik pada Juni 2023. Pihak berwenang Rusia di perbatasan telah mengklaim bahwa pasukan Kyiv hampir setiap hari melakukan serangan menggunakan drone.

Seorang sumber dari Dinas Keamanan Ukraina yang tidak disebutkan namanya memberitahu wartawan AFP bahwa pasukan Ukraina menyerang sistem pertahanan udara strategis di dekat kota Belgorod Rusia. Menurutnya, ini adalah serangan kedua terhadap sistem Triumf dalam sebulan terakhir. Serangan sebelumnya dilakukan di Crimea pada pertengahan September. Namun, laporan resmi Rusia tidak menyebutkan serangan tersebut, melainkan menyatakan bahwa pertahanan udaranya berhasil menghancurkan 31 drone Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan, “Sistem pertahanan udara yang bertugas di Belgorod, Bryansk, dan Kursk berhasil mencegat dan menghancurkan 31 kendaraan udara tak berawak jenis pesawat Ukraina,” demikian diambil dari kantor berita AFP. Sementara Gubernur Bryansk, Aleksandr Bogomaz, melaporkan bahwa wilayahnya menjadi sasaran serangan drone dan bom, namun beruntung tidak ada korban jiwa. Beberapa video yang diunggah oleh Ukraina menunjukkan serangkaian serangan melawan pasukan Moskwa, termasuk beberapa kapal yang berlayar menuju Crimea.

Ukraina secara teratur melancarkan serangan ke instalasi militer di Crimea sejak Rusia menginvasi semenanjung tersebut pada 2014. Pada bulan lalu, rudal Ukraina menghantam markas Angkatan Laut Rusia di Crimea. Rusia membantah laporan tentang jumlah korban tewas, termasuk klaim bahwa komandan armada Rusia, Viktor Sokolov, telah tewas. Moskwa menunjukkan bukti berupa rekaman sang komandan yang hadir dalam pertemuan resmi, membantah klaim kematian tersebut.

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »