BI Sumut Sertakan 18 UMKM Binaan di Pameran FEKDI & KKI di Jakarta
2 min readBlinkiss.id, Jakarta
Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPW) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) turut serta sebanyak 18 UMKM unggulan binaan pada pameran kegiatan Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) dan Karya Kreatif Indonesia (KKI yang digelar sejak 1-4 Agustus 2024 di Hall A dan B, Jakarta Convention Centre (JCC).
“Sebanyak 18 produk UMKM unggulan yang diikutkan BI KPW Sumut pada acara tersebut. Di antaranya UMKM Ulos Sianipar, Dame Ulos dari Sibolga, ada juga hasil Tenun dari Toba, juga Kopi serta berbagai ulos dari Sumut,” ungkap IGP Wira Kusuma, Kepala Perwakilan BI Sumut di sela-sela salah satu Both Wastra Sumut di Jakarta Convention Center.
Dijelaskan Wira seraya merinci, ke 18 produk UMKM yang dihadirkan pada acara FEKDI dan KKI ini juga dihadirkan secara offline, yakni melalui both tersedia sebanyak 8, online sebanyak 10 UMKM.
“Alhamdulillah acara yang berlangsung 4 hari, namun di hari kedua ini, UMKM yang di hadirkan telah menghasilkan penjualan sebesar Rp80 jutaan, akan tetapi pada hari pertama belum menghasikan penjualan online,” tutur Wira.
Dihadapan para wartawan BI Perwakilan Sumut, IGP Wira Kusuma mengaku merasa bangga atas hasil capaian ini. Apalagi, salah satu produk Wastra binaan BI Sumut menjadi primadona karena tampil gemilang yang memepesona bagi pengunjung saat di bawa pada acara fasion show di hadapan Presiden RI.
Hal itu di karenakan karya Wastra Sumut diperagakan telah didisain oleh desainer ternama sehingga banyak orang terkesima. “Sehingga banyak orang terkesima dari hasil Wastra Sumut dan mereka datang melihat pameran ini,” ucapnya.
Hal tersebut, Wira merasa optimis bahwa hasil Wastra Sumut juga produk UMKM lainnya akan laku keras pada puncak KKI nanti. “Maka hasilnya membanggakan serta sesuai target penjualan,” pungkasnya.
Lanjutnya, baru dua hari, dan masih ada waktu 2 hari di acara puncak. Akan tetapi kami berharap hasil UMKM dan Wastra Sumut mampu menjual secara menyeluruh acara FEKDI dan KKI ini.
“Semoga pada acara puncak nanti yakni hari Minggu di acara puncaknya habis terjual semua produk Sumut, apa lagi dengan tema ini kali Sumatera Utara,” jelasnya.
Untuk itu, sambung Wira yang didampingi, Indra Kuspriyadi selaku Kepala Divisi Implementasi KEKDA Sumut, berharap dapat meningkatkan hasil karya produk Sumut agar lebih diminati. Oleh karena diperlukan produk-produk Wastra yang bagus. Selian itu, juga perlu dilengkapi nilai tambah yakni disain baju yang bagus pula sehingga menjadi nilai tambah spiritnya hasil produk Sumut.
“Mudah-mudahan sinergi yang apik ini Bank Indonesia dapat membantu UMKM Sumut sehingga tampil lagi secara nasional dan global,” harapnya. (JB Rumapea)