Menteri Nusron Wahid: “Rakyat Adalah Raja Kita”
2 min readJAKARTA, BLINKISS – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Nusron Wahid, menegaskan pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kementerian ATR/BPN untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Pernyataan tersebut disampaikan saat pengarahan daring kepada jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Papua dan Sumatra Utara, Selasa (3/12/2024).
“Pemerintahan itu tugasnya melayani rakyat. Seperti orang berjualan, pembeli adalah raja. Pembeli kita adalah rakyat, jadi rakyat adalah raja kita,” ujar Menteri Nusron.
Dorongan untuk Pelayanan Berbasis Masa Depan
Menteri Nusron menyampaikan bahwa pelayanan Kementerian ATR/BPN harus berorientasi pada kebutuhan masyarakat di masa mendatang. Ia menantang jajaran Kanwil BPN untuk tidak hanya fokus pada pelayanan saat ini, tetapi juga mempersiapkan business process yang mampu menjawab ekspektasi masyarakat dalam 5-20 tahun ke depan.
“Pelayanan kita hari ini sudah baik. Namun, kita harus memastikan apakah pelayanan ini mampu menjawab ekspektasi masyarakat pada masa mendatang. Simplifikasi dan percepatan proses kerja adalah kunci, tetapi tetap harus memegang prinsip akuntabilitas, transparansi, prudensial, dan keakuratan,” jelasnya.
Kolaborasi dan Dukungan dari Pimpinan
Hadir dalam pengarahan tersebut, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Ossy Dermawan, serta sejumlah pejabat tinggi di Kementerian ATR/BPN. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Harison Mocodompis, bertindak sebagai moderator. Pengarahan ini bertujuan untuk membangun sinergi, meningkatkan profesionalisme, serta memperkuat komitmen pelayanan berbasis masyarakat.
Kepala Kanwil Papua dan Sumatra Utara Diberi Arahan Khusus
Menteri Nusron juga memberikan arahan khusus kepada Roy Eduard F. Wayoi, Kepala Kanwil BPN Provinsi Papua, dan Seti Kuncoro, Plt. Kepala Kanwil BPN Provinsi Sumatra Utara. Ia meminta mereka memastikan setiap pelayanan BPN mencerminkan kebutuhan masyarakat setempat, serta mampu beradaptasi dengan perubahan di lapangan.
Langkah Menuju Pelayanan Kelas Dunia
Melalui arahan ini, Kementerian ATR/BPN berkomitmen untuk terus bertransformasi menjadi lembaga yang profesional, modern, dan terpercaya. “Kita ingin menuju pelayanan kelas dunia yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara cepat, akurat, dan transparan,” pungkas Nusron. (Agung)