Nusron Wahid Tekankan Penataan SDM untuk Tingkatkan Pelayanan di ATR/BPN
1 min readJakarta, BLINKISS – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Nusron Wahid, kembali menegaskan pentingnya penataan sumber daya manusia (SDM) dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini ia sampaikan saat memberikan pengarahan kepada jajaran Kanwil BPN Provinsi NTB dan Bengkulu secara daring, Rabu (11/12/2024).
Dalam arahannya, Menteri Nusron menyoroti pentingnya distribusi SDM yang sesuai dengan beban kerja. Ia menyebut bahwa kantor-kantor BPN yang memiliki beban pelayanan rendah akan dikurangi jumlah pegawainya, sementara kantor yang memiliki tingkat permintaan tinggi akan ditambah personelnya.
“Hal ini mau di-review, Kantor Pertanahan yang pelayanannya sedikit akan dikurangi jumlah pegawainya. Dan kantor yang pelayanannya tinggi, pegawainya kita perbanyak supaya bisa mempercepat proses pelayanan,” jelas Nusron.
Selama 51 hari masa kerjanya sebagai Menteri ATR/BPN, Nusron mencatat bahwa 75-80% tugas pokok kementeriannya berfokus pada pelayanan publik. Namun, isu utama yang sering ditemui masyarakat adalah lamanya waktu pelayanan.
“Ekspektasi masyarakat berkembang dan berubah terus. Jadi jangan puas dengan kondisi hari ini. Terus kita kembangkan dan fokus percepat pelayanan ke masyarakat,” tambahnya.
Selain penataan SDM, Nusron juga menyoroti perlunya pembenahan sistem melalui simplifikasi business process dan peningkatan infrastruktur IT. Ia mengajak seluruh jajaran BPN untuk terus berinovasi demi menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis.
Pengarahan ini dihadiri sejumlah pejabat penting, seperti Direktur Jenderal PSKP Iljas Tedjo Prijono, Direktur Jenderal PPTR Jonahar, serta jajaran Kanwil dan Kantor Pertanahan di NTB dan Bengkulu.
Dengan langkah-langkah ini, Nusron Wahid berharap pelayanan publik di Kementerian ATR/BPN dapat semakin cepat, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. (Agung)