Pemkab Samosir Optimalkan Penggunaan SP4N untuk Peningkatan Layanan Publik

Blinkiss.id, Samosir
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Kominfo mengoptimalkan penggunaan Sistim Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR) melalui pembekalan kepada admin pada setiap OPD.
Acara dibuka secara resmi Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang di Aula BKPSDM, Kamis (21/8/2025)
Turut hadir Sekdis Kominfo Denri Sihaloho, Kabid TI Adven Siahaan, Sekdis setiap OPD dan tim IT Pemkab. Untuk hasil yang lebih baik sosialisasi serta pembekalan ini dilakukan selama 2 hari mulai tanggal 20-21 Agustus 2025.
SP4N Lapor merupakan platform berbasis teknologi yang dikembangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) bekerja sama dengan Kantor Staf Presiden (KSP) dan Ombudsman Republik Indonesia. Portal tersebut dirancang sebagai saluran resmi untuk menerima, mengelola, menindaklanjuti berbagai pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik di berbagai instansi pemerintahan.
Sementara itu, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang menegaskan pengaplikasian SP4N LAPOR di Samosir akan dioptimalkan untuk memberikan informasi terkait keluhan maupun pengaduan masyarakat.
“Dengan aplikasi ini, kita membangun kepercayaan masyarakat kepada pemerintah juga ditingkatkan kualitas pelayanan dan pengaduan masyarakat akan menjadi evaluasi bagi pemerintah kedepan” ucapnya.
Dijelaskannya, SP4N LAPOR dapat diakses melalui situs lapor.go.id. Dalam situs tersebut diberi ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan aduan terkait pelayanan publik dan seluruh laporan akan ditangani admin yang selanjutnya diteruskan kepada admin dinas terkait untuk memperoleh penjelasan maupun penanganan. Aplikasi ini akan menampilkan transparansi dan akuntabilitas, identifikasi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan efisiensi kunjungan ke OPD. (RS/15)