Solusi OCA Chatbot Builder Untuk Efisiensi Layanan Publik

Blinkiss.id, Jakarta
Pelayanan publik adalah cerminan langsung terciptanya interaksi antara pemerintah maupun masyarakat.
Dengan populasi masyarakat yang besar, pemerintah Indonesia diharapkan dapat terus konsisten memberikan pelayanan yang cepat dan optimal. Konsistensi ini dapat lebih mudah diwujudkan dengan transformasi digital, demi menjaga tingkat kepuasan juga kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang diberikan pemerintah.
Semangat untuk mengorkestrasikan ekosistem digital dalam memberikan pelayanan digital terbaik kepada masyarakat turut dibawa oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), salah satunya melalui produk OCA Indonesia (OCA), Rabu (30/4/2025)
Platform omnichannel OCA dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pelayanan publik lewat sistem komunikasi digital terintegrasi yang bisa dimanfaatkan oleh semua sektor publik. OCA memberikan solusi bagi instansi pemerintah dalam mengoptimalkan komunikasi bersama masyarakat melalui berbagai kanal.
Melalui fitur-fitur unggulannya, OCA mempermudah institusi publik beradaptasi terhadap kemajuan zaman, sehingga menciptakan pelayanan optimal yang berimbas pada peningkatan kepuasan masyarakat.
“Kecepatan dan akurasi dalam menyampaikan informasi menjadi kunci utama pelayanan yang optimal. OCA hadir dengan semangat menghadirkan layanan digital terbaik, yang dapat dimanfaatkan oleh institusi publik untuk memberikan pelayanan prima dan berkelanjutan kepada masyarakat,” tutur EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa.
OCA telah dilengkapi dengan berbagai fitur solutif yang dapat dimanfaatkan instansi publik dalam memaksimalkan pelayanan. Salah satunya fitur OCA Blast yang bisa digunakan mengirim pengumuman penting kepada masyarakat, seperti perubahan kebijakan hingga peringatan bencana.
OCA memungkinkan komunikasi dilakukan secara digital, otomatis, dan langsung menjangkau masyarakat dengan berbagai saluran yang relevan, seperti WhatsApp maupun email. Selain lebih cepat, metode ini juga lebih hemat biaya serta berkelanjutan dibandingkan publikasi cetak atau memanfaatkan media konvensional. Fitur WhatsApp API dari OCA mempermudah instansi pemerintah dalam membangun komunikasi yang lebih personal dengan masyarakat.
Layanan ini memungkinkan pengiriman notifikasi otomatis seperti pengingat pembayaran pajak, status pengajuan administrasi, maupun informasi penting lainnya.
Lebih jauh disampaiak, kecenderungan masyarakat dalam menyampaikan pertanyaan maupun keluhan kerap menggunakan berbagai saluran komunikasi, mulai dari media sosial hingga aplikasi pesan pribadi. Dengan solusi CRM OCA Interaction, petugas pelayanan publik dapat merespons setiap pertanyaan tanpa harus berpindah-pindah aplikasi, sehingga mempercepat penyelesaian masalah dan meningkatkan efektivitas koordinasi internal.
OCA Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik
OCA juga memiliki solusi OCA Chatbot Builder yang membawa efisiensi lebih lengkap dengan menghadirkan layanan 24/7. Chatbot yang dapat dikustomisasi ini bisa dimanfaatkan oleh instansi pemerintah untuk memberikan akses informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat mulai dari status administrasi dokumen hingga penyelesaian layanan.
Dengan cara ini, operasional menjadi lebih efisien, sementara masyarakat bisa mendapatkan layanan yang lebih baik.
Mengadopsi solusi digital seperti OCA memberikan berbagai manfaat bagi pemerintah maupun masyarakat. Proses pelayanan publik digital menjadi lebih cepat dan transparan, mempercepat birokrasi, serta mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap instansi pemerintah. Otomatisasi layanan turut membantu pemerintah menghemat waktu dan biaya operasional, sekaligus mendukung program keberlanjutan.
Informasi lebih lengkap tentang OCA dapat dilihat melalui tautan berikut https://ocaindonesia.co.id/. (JBR/15)