23 Maret 2025

Blinkiss ID

Berita dan Video Kilat Terkini

Tegaskan Komitmen Keberlanjutan, Peringkat ESG Telkom Meningkat

Blinkiss.id, Jakarta

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menunjukkan komitmennya untuk mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (Environmental, Social, Governance/ESG) dengan mencatat berbagai pencapaian penting di tahun 2024, Jumat (21/3/2025)

Untuk kali pertamanya berpartisipasi dalam penilaian CDP (Carbon Disclosure Project), Telkom berhasil meraih skor B untuk kinerja iklimnya, menandakan transparansi yang semakin kuat upaya mitigasi perubahan iklim. 

Selain itu, Telkom mencatat peningkatan peringkat ESG dari Sustainalytics dengan skor risiko ESG membaik menjadi 25,6 (Medium Risk). Keberhasilan ini semakin diperkuat oleh perolehan skor 91,23 dari BPKP yang menempatkan Telkom pada kategori “sangat baik” untuk pengelolaan keberlanjutan. 

Pada aspek Tata kelola, Telkom memperoleh skor ACGS (ASEAN Corporate Governance Scorecard) 103,31 yang dikeluarkan oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) dengan kategori “Leadership in Corporate Governance”. Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa Telkom telah menjalankan tata kelola perusahaan yang baik dalam menjalankan bisnisnya. 

SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza mengatakan, “Telkom terus berupaya mengintegrasikan prinsip keberlanjutan dalam operasional bisnis perusahaan, sejalan dengan visi perusahaan dalam menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi lingkungan serta masyarakat. Pencapaian ini mencerminkan keseriusan mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan menciptakan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan.”

Peningkatan peringkat ESG ini merupakan bukti nyata upaya Telkom memperkuat praktik keberlanjutan di seluruh lini bisnisnya memberikan dampak positif bagi lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan.

Komitmen Lingkungan: Efisiensi dan Pengurangan Limbah   

a. Audit eksternal emisi gas rumah kaca sebagai langkah transparansi dan akuntabilitas lingkungan. 

b. 6.387 ton pengurangan jumlah limbah kantor total dari tahun 2023.

c. 80% limbah kabel fiber optic dialihkan dari pembuangan akhir.

Dampak Sosial: Digitalisasi dan Pemberdayaan   

a. Investasi Rp144,8 miliar dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). 

b. Mewujudkan inklusivitas digital dengan jaringan yang menjangkau 98% populasi di Indonesia.

c. Mencapai skor NPS 58 (kategori excellent) untuk TelkomGroup dengan kenaikan +2 poin dibanding 2023.

Tata Kelola Perusahaan: Kepemimpinan dalam Governance   

a. 100% kepatuhan terhadap regulasi, tanpa kasus besar yang terbukti. 

b. Sertifikasi SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti-Penyuapan untuk Telkom dan 13 anak usaha. 

c. 0 insiden kebocoran data yang kritikal, menegaskan keamanan informasi sebagai prioritas utama. 

VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto Ciptaning Andri menambahkan, ”Pencapaian ini meningkatkan semangat dan konsistensi Telkom dalam meningkatkan kinerja keberlanjutan, tidak hanya terpaku pada peningkatan angka rating, tetapi lebih dari itu adalah peningkatan kualitas pengelolaan perusahaan berdampak pada seluruh aspek keberlanjutan. Telkom perlu terus melakukan mitigasi berbagai risiko dan tantangan global yang berpotensi mengganggu operasi bisnis dan layanan TelkomGroup, di antaranya risiko keamanan siber, cuaca ekstrem dan bencana akibat perubahan iklim, serta kualitas sumber daya manusia yang sejalan dengan transformasi digital perusahaan.”

Seluruh pencapaian ini menjadi landasan bagi Telkom mengakselerasi agenda keberlanjutan yang sejalan dengan visi perusahaan untuk terus memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan. Untuk informasi lebih lengkap, Telkom akan merilis Laporan Keberlanjutan 2025 pada Mei mendatang. (JBR/15)

Facebook Comments Box
Translate »