Tingkatkan Kepercayaan PublikRutan Tanjung Pura Ikuti Sosialisasi Pedoman Manajemen Komunikasi Krisis Pemasyarakatan Terintegrasi
Tanjung Pura-blinkiss.id
Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanjung Pura mengikuti sosialisasi pedoman manajemen komunikasi krisis pemasyarakatan terintegrasi oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Direktorat Teknologi Informasi dan Kerja Sama Pemasyarakatan. Jumat (31/10)
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya memperkuat kepercayaan publik serta pengelolaan komunikasi krisis dilingkungan pemasyarakatan. Diikuti secara virtual oleh Karutan Tanjung Pura, Fransisco Pandia serta pejabat struktural, sosialisasi ini merupakan langkah dalam membangun transparasi informasi serta komunikasi yang cepat tanggap dalam menghadapi situasi krisis sehingga masyarakat menerima informasi dengan benar.
Fransisco Pandia selaku Karutan Tanjung Pura mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi langkah penting dalam menghadapi berbagai situasi sehingga dapat memperkuat koordinasi serta kebenaran informasi dilingkungan pemasyarakatan.
Wachid Wibowo, selaku narasumber menyampaikan berbagai materi menyangkut transparansi informasi dalam menjaga citra institusi serta tanggung jawab moral pemerintah kepada masyarakat. Beliau menyampaikan bahwa krisis komunikasi yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan kepanikan dan menurunkan kepercayaan publik, sehingga perlu adanya pedoman yang baik untuk memastikan kebenaran informasi yang keluar di lingkungan pemasyarakatan.
Selain itu, Bahrul Wijaksana dari Asia Investigative Reporting Network juga mengisi materi dengan terkait kesiapan petugas terutama dalam merespon setiap berita secara humanis. Beliau menyampaikan bahwa dalam keadaan krisis, kecepatan informasi serta empati sangatlah dibutuhkan.
PASOPATI atau Pedoman Manajemen Komunikasi Krisis Pemasyarakatan Terintegrasi menjadi acuan nasional dalam menghadapi krisis di lingkungan Pemasyarakatan, seperti gangguan keamanan, bencana, krisis opini publik, hingga isu integritas.(yani)

